menyusui

9 Jawaban dari Pertanyaan Bolehkah Ibu Menyusui ...

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 06 Dec 2019 13:10 WIB
9 Jawaban dari Pertanyaan Bolehkah Ibu Menyusui ...
Jakarta - Ibu menyusui terlebih ibu yang baru pertama kali punya anak biasanya punya kekhawatiran soal proses menyusui. Kadang, ibu terlalu takut untuk melakukan sesuatu karena khawatir sesuatu berbahaya bisa terjadi pada bayi.

Menurut konselor laktasi Taya Griffin, berdasarkan pengalamannya ibu menyusui yang baru punya anak pertama sering khawatir dengan semacam kerak di puting. Menurut Taya, semacam kerak di puting adalah hal normal karena itu merupakan kolostrum yang mengering di puting.


"Lalu, cukupkah ASI buat si bayi? Padahal, jumlah ASI yang diproduksi sama dengan jumlah ASI yang diisap bayi. Makin sering bayi menyusu, makin tinggi produksi ASI," ujar Griffin mengutip Today's Parent.


Kemudian, ibu menyusui biasanya khawatir ketika bayinya menyusu dan tertidur. Kata Griffin, ada dua kemungkinan, Bun. Pertama, bayi bisa menyusu dengan baik hingga dia kenyang. Kedua, pelekatan tidak baik sehingga bayi tidak bisa mendapat asupan ASI dengan semestinya dan bayi ngantuk karena aliran asi lambat.

Selain itu, umumnya ada beberapa pertanyaan yang disampaikan soal bolehkah ibu menyusui seperti dikutip dari buku Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Bayi 0 - 1 Tahun yang ditulis dr.Meta Hanindita, Sp.A dari RSUD Dr Soetomo Surabaya:

1. Bolehkah ibu menyusui mewarnai rambut?

Boleh. Senyawa kimia dalam pewarna rambut tidak memberi efek berbahaya bagi bayi.

2. Bolehkah ibu menyusui tidur siang?

"Boleh, ibu menyusui juga perlu istirahat untuk membantu meningkatkan produksi ASI," ujar Meta.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Bolehkah ibu menyusui minum kopi?

Kata Meta, boleh asal terbatas. Minum lebih dari 6 cangkir per hari disebut Meta bisa bikin bayi rewel dan terjaga terus

4. Bolehkah ibu menyusui minum es?

Bunda perlu tahu, minum es bukan berarti ASI jadi dingin. Suhu ASI yang disusu bayi tidak berhubungan dengan suhu makaanana atau minuman ibu.

5. Bolehkah ibu menyusui makan pedas?

"Boleh, tapi coba dulu sedikit. Ada beberapa bayi yang sangat sensitif pada capcaisin, zat yang terkandung dalam cabai. Sehingga, dia diare setelah ibu makan makanan pedas," papar Meta.

6. Bolehkah ibu menyusui makan asam

Meta bilang, boleh saja ibu menyusui makan makanan asam. Tidak ada efek yang membahayakan atau mengganggu bayi kok, Bun.

7. Bolehkah ibu menyusui minum obat

Meta menyarankan, konsultasikan lebih dulu dengan dokter apakah obat yang diminum dibolehkan buat ibu menyusui. Dia bilang, hanya sedikit obat-obatan yang menghalangi ibu untuk menyusui.

8. Bolehkah ibu menyusui makan durian

Meta menegaskan tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa makan durian membahayakan bayi. Jadi, boleh saja ibu menyusui makan durian.

9. Bolehkah ibu menyusui minum soda?

"Boleh, tapi secukupnya saja. Soda banyak mengandung gula yang akan meningkatkan kadar gula darah ibu," tutur Meta.

Simak cara mengatasi bayi tongue tie dan lip tie di video berikut.

[Gambas:VideoHaibunda

9 Jawaban dari Pertanyaan Bolehkah Ibu Menyusui ...

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi