Sign Up search


menyusui

ASI Bisa Sembuhkan Ruam Popok pada Bayi?

Asri Ediyati Rabu, 19 Feb 2020 08:56 WIB
ASI Bisa Sembuhkan Ruam Popok pada Bayi? caption
Jakarta - Seperti yang kita pernah dengar, air susu ibu (ASI) memiliki banyak keajaiban di dalam kandungannya. Tidak hanya makanan yang baik untuk bayi, namun banyak yang percaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Di antaranya, sengatan lebah, luka bakar karena matahari (sunburnt).

Lalu, tak sedikit pula ibu-ibu yang percaya ASI bisa menyembuhkan ruam popok. Ini karena ASI memiliki antibodi dan kekebalan lainnya.


"ASI hidup dan penuh kekebalan. Banyak orang menggunakan ASI pada ruam popok, luka sayatan, mata merah muda dan banyak lagi," kata konsultan laktasi Leigh Anne O'Connor, IBCLC, kepada Romper.


Apa yang membuat ASI sangat bermanfaat bagi kulit bayi? Ya, ada banyak penelitian tentang masalah ini, dan hampir semuanya memastikan bahwa ASI dapat menenangkan bayi Anda.

Faktanya, penelitian yang berjudul Assessment Effect of Breast Milk on Diaper Dermatitis menemukan bahwa pemberian ASI pada ruam sangat mengurangi penampilan keseluruhannya, dengan menyebutnya sebagai 'obat yang efektif, aman, dan nyaman.' Demikian dikutip dari NCBI.
Ilustrasi bayi dipakaikan popokIlustrasi bayi dipakaikan popok/ Foto: iStock

Jadi, bagaimana tepatnya ASI bisa mengobati ruam popok pada bayi? "ASI memiliki antibodi, dan diyakini bahwa ini membunuh bakteri yang dapat menyebabkan ruam popok," Andrea Tran, seorang perawat terdaftar dan konsultan laktasi, mengatakan kepada Romper.

Menurut O'Connor, pengaplikasian ASI pada ruam popok pun tak boleh sembarangan. Bunda harus tahu betul caranya supaya efektif.

"Pastikan tangan Anda bersih saat Anda mengeluarkan ASI serta menerapkannya ke area luka," papar O'Connor.

Bunda bisa oleskan dengan bola kapas lembut. "Biarkan ASI Anda mengering sebelum memakai kembali popok bayi Anda," kata Tran.

"Itu harus dilakukan dengan setiap penggantian popok. Mengekspos kulit bayi Anda ke udara untuk jangka waktu tertentu sepanjang hari juga dapat membantu," terangnya.

Meski banyak yang percaya ASI bisa sembuhkan ruam popok, bagaimana pun Bunda perlu konsultasikan ke dokter. Jika ruam tidak sembuh sendiri dalam waktu seminggu, Bunda harus menghubungi dokter anak.

"Jika ada tanda-tanda infeksi seperti luka terbuka atau nanah, dokter harus melihat bayi itu," kata O'Connor.


Simak juga macam makanan yang bisa perlancar ASI:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi