sign up SIGN UP search


menyusui

5 Alasan Bunda Wajib Hindari Main Gadget Saat Menyusui

Yuni Ayu Amida Jumat, 22 May 2020 08:10 WIB
ibu menyusui main handphone caption
Jakarta -

Menyusui merupakan momen yang berharga bagi setiap ibu dan bayi mereka. Namun, momen ini bisa terganggu lho jika ibu main handphone saat menyusui.

Dijelaskan psikolog yang berspesialisasi dalam kesehatan mental ibu dan praktik di Calfornia's Pomona Valley Medical Center, dr.Kateyune Kaeni, kontak mata sangat penting dalam membangun koneksi yang aman antara ibu dan bayi. Ketika bayi pertama kali lahir, penglihatan mereka pada dasarnya hanya dari payudara ke wajah ibu.


"Itu sejauh yang mereka bisa lihat. Jadi bayi melakukan banyak tatapan dan ikatan dengan cara seperti itu," kata Kaeni, dikutip dari The Sun.

Lebih lanjut, Kaeni mengatakan, jika bayi mencoba kontak dengan ibunya melalui suara atau senyum, namun sang ibu tidak merespons, pada akhirnya itu bisa membuat mereka merasa cemas dan tidak aman. Mereka akan terus demikian, sampai kita bisa membayar perhatian kita padanya.

"Gangguan seperti smartphone bisa membuat ibu kehilangan isyarat bayinya," jelas Kaeni.

Nah, berikut ini alasan kenapa Bunda sebaiknya tidak bermain gadget saat sedang menyusui bayi, dikutip dari berbagai sumber.

1. Interaksi berkurang

Bayi belajar dengan berinteraksi. Saat menyusui, wajah Bunda adalah padangan yang tepat untuknya tetap fokus. Dia akan belajar segalanya tentang Bunda, orang yang paling penting untuknya. Bayi juga akan memperhatikan mata, senyum, dan suara Bunda.

Saat kita memegang pandangannya, kita mengajarinya untuk memperhatikan. Dan setiap kali kita berbicara dengannya, kita membantu otak kecilnya mempelajari bahasa kita yang rumit. Menyusui juga untuk memperkuat bonding.

Nah, kehadiran gadget saat menyusui bisa merusak interaksi tersebut, karena pandangan Bunda teralihkan dan membuat bayi merasa diabaikan. Dan nilai-nilai positif dari interaksi itu pun bisa berkurang.

2. Melindungi bayi dari radiasi handphone

Banyak orang tidak menyadari bahwa handphone dan tablet berbahaya bagi anak-anak, terutama bayi. Mereka memancarkan radiasi gelombang mikro. Semakin dekat handphone pada bayi, semakin banyak pula radiasi yang diserap tubuh kecilnya.

Ini bukan jenis radiasi yang sama seperti pancaran gelombang mikro umumnya, radiasi semacam ini berkelanjutan. Jenis radiasi dari ponsel dan tablet bersifat intermiten, dan dapat merusak sel-sel otak, menyebabkan kanker dan penyakit lainnya, serta merusak struktur DNA bayi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, radiasi ponsel adalah Karsinogen Kelas 2 B. Itu klasifikasi yang sama dengan timah dan bahan bakar jet.

3. Bunda lebih waspada

Saat Bunda memberikan perhatian penuh pada bayi, maka secara langsung Bunda akan memperhatikan pola perawatannya. Apakah dia sedikit kesulitan atau muntah ketika minum ASI? Berarti Bunda bisa memperhatikan posisi menyusui agar bayi nyaman.

Apakah dia cenderung mengantuk selama lima menit saat disusui? Bunda dapat menghentikan hal itu terjadi dengan menggelitik jari-jari kakinya. Atau mungkin saja bayi merasa kehilangan minat saat menyusu ketika melihat hal lebih menarik di sekelilingnya. Semua hal ini mungkin tidak akan Bunda sadari jika fokus Bunda teralihkan pada gadget.

4. Masalah kesehatan pada bayi

Jika hanya fokus pada handphone saat menyusui, Bunda tidak akan memberikan perhatian penuh pada kebutuhan bayi. Dan mungkin melewatkan pesan-pesan halus yang berusaha dikomunikasikan oleh bayi melalui gerakan tangan dan ekspresi wajah.

Ada kemungkinan bahwa bayi tidak terkait dengan benar atau mereka tidak berada dalam posisi nyaman. Dalam kasus seperti itu, bayi bisa saja mendapatkan ASI kurang bahkan bisa juga kelebihan. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama jika berlanjut selama jangka waktu yang lebih lama.

5. Bayi bisa tersedak

Bunda sibuk dengan handphone akan meningkatkan risiko bayi tersedak saat menyusu. Ini bisa terjadi dalam hitungan detik, sama seperti Bunda melakukan panggilan penting atau membalas email atau pesan penting.


Simak juga cara aman cegah kehamilan saat menyusui dalam video ini:


[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi