sign up SIGN UP search


menyusui

6 Cara Atasi Kebocoran ASI di Payudara Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Jumat, 26 Jun 2020 17:11 WIB
Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui bayinya caption
Jakarta -

Payudara bocor akibat ASI yang melimpah kadang jadi pengalaman menyebalkan bagi beberapa ibu menyusui. Kira-kira bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Dijelaskan tenaga medis bersertifikat, Meredith Shur, MD, FACOG, kebocoran ASI biasanya dialami oleh ibu yang pasokan ASI-nya berlebih. Beberapa wanita tidak menganggap bocor sebagai masalah, sementara yang lainnya merasakan ini sebagai ketidaknyamanan.

"Ibu baru dengan suplai ASI terlalu banyak atau refleks let-down yang hiperaktif mungkin mengalami kebocoran yang lebih lama dari biasanya," tutur Shur, dilansir Very Well Family.


Tidak ada cara yang khusus untuk menghentikan payudara yang bocor. Hanya saja, menyusui secara teratur dan tidak memberi jarak terlalu lama di antara waktu menyusui, dapat membantu.

"Semakin banyak Anda menyusui, semakin kecil kemungkinan payudara Anda meluap," jelasnya.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: thinkstock

Meski sulit menghentikan kebocoran ASI, namun beberapa hal berikut dapat dilakukan sebagai bentuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, dikutip dari Baby Centre.

1. Kenakan bantalan payudara (breast pad) di dalam bra. Gantilah saat breast pad mulai lembap, untuk mencegah puting terasa sakit. Jika Bunda ingin keluar rumah, jangan lupa untuk selalu bawa persediaan bantalan payudara.

2. Coba gunakan wadah penampung ASI yang bisa dicuci. Fungsinya hampir sama dengan breast pad, yakni agar tidak membasahi payudara dan merembes di bra. Bahkan jika Bunda mensterilkan terlebih dahulu, Bunda dapat menyimpan dan membekukan ASI yang terkumpul di dalamnya.

3. Jika satu payudara cenderung bocor saat menyusui di sisi yang lain, letakkan kain, bantalan payudara, atau wadah penampung ASI di dalam bra.

4. Kenakan atasan berpola yang bisa menyamarkan noda susu. Jika Bunda keluar rumah, bawa bra cadangan dan atasan lainnya.

5. Bunda juga bisa mencoba memerah ASI sebelum payudara terlalu penuh.

6. Jika mengalami kebocoran di malam hari, gunakan pembalut payudara khusus malam hari.

Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi