sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 7 Tips Anti Stres Menyusui Bayi di Malam Hari

Yuni Ayu Amida Rabu, 24 Jun 2020 20:05 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption
Jakarta -

Bukan rahasia umum bila bayi baru lahir kerap terbangun di malam hari. Ini menyebabkan ibu mesti begadang untuk menyusui bayi di waktu tersebut.

Dijelaskan Lyndsey Garbi, MD, seorang pediatrician yang juga neonatology bayi terkadang mengalami regresi tidur saat usianya 4 bulan. Tidurnya mungkin saja lebih gelisah yang membuatnya sering terbangun di malam hari.


Di saat seperti ini tentu orang tua akan merasa lebih kelelahan karena harus selalu bangun di malam hari. Dan untuk menidurkannya kembali biasanya ibu akan menyusui si kecil, terutama jika ia lapar."Tidur siang mereka tiba-tiba sebentar, dan mungkin menjadi lebih sulit untuk membuat mereka tertidur," kata Garbi, dikutip Very Well Family.


Nah, berikut ini tips agar Bunda tidak merasa stres ketika menyusui bayi di malam hari, dilansir Today's Parent.

1. Temukan posisi yang nyaman

Belajarlah menyusui sambil berbaring sesegera mungkin. Sekalipun Bunda tidak benar-benar bisa tidur, setidaknya posisi ini membuat tubuh jadi lebih rileks dan Bunda bisa beristirahat.

2. Pastikan semua terorganisir

Simpan popok, sebotol air, bahkan satu atau dua camilan di dekat tempat tidur sehingga Bunda tidak perlu pergi ke mana pun untuk mendapatkan apa yang Bunda butuhkan ketika menyusui.

3. Sembunyikan jam

Coba putar jam di samping tempat tidur sehingga Bunda tidak dapat melihat jam berapa sekarang. Entah bagaimana, rasanya seperti lebih buruk saat mengetahui bahwa Bunda hanya tidur dua jam sejak terakhir kali dibangunkan si kecil.

4. Matikan lampu

Ketika bayi bangun untuk menyusui di malam hari, jaga agar kamar tetap gelap dan senyap, ini untuk mendorongnya kembali tidur. Jika Bunda perlu melihat apakah pelekatan menyusui sudah baik, cukup gunakan lampu yang redup, daripada menyalakan lampu yang terang.

Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infantYoung beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

5. Gunakan pakaian yang mudah

Baju tidur yang ada kancingnya atau yang mudah terbuka di bagian depan adalah pilihan baju tidur yang tepat untuk ibu menyusui. Ini akan memberi bayi akses yang mudah saat menyusui.

Beberapa wanita suka memakai bra menyusui di malam hari, tetapi berhati-hatilah, karena ini dapat meningkatkan risiko saluran ASI tersumbat hingga mastitis.

6. Gunakan bantuan tangan

Jika bayi tampaknya sangat sering bangun di malam hari, gunakan kompresi payudara untuk menambah jumlah ASI pada setiap menyusui. Saat bayi menyusu, peras payudara Bunda dengan bantuan ibu jari dan telunjuk, arahkan langsung aerola pada mulut bayi. Ini bertujuan agar banyak ASI yang masuk ke bayi dan membuatnya lebih cepat kenyang, hingga akhirnya cepat pula kembali tidur.

7. Tidur siang jika memungkinkan

Istirahat sebanyak mungkin di siang hari. Ini bisa menjadi jauh lebih sulit untuk dilakukan jika Bunda memiliki lebih dari satu anak, tetapi jika Bunda dapat tidur siang ketika bayi tidur siang, itu akan membuat Bunda lebih bertenaga di malam hari. Tipsnya adalah minta bantuan pasangan atau keluarga untuk Bunda bisa mendapatkan tidur siang.

Simak juga tips aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi