sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Sakit Gigi?

Haikal Luthfi Minggu, 05 Jul 2020 08:02 WIB
Asian woman toothache, pain, hurt and injured, tooth, teeth and dentistry woman concept caption
Jakarta -

Sakit gigi adalah penyakit yang berdampak serius bagi kesehatan karena gigi dan mulut merupakan tempat masuknya kuman dan bakteri, Bunda. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu menyusui.

Jika ibu menyusui mengalami sakit gigi, tentu bisa mengganggu rutinitas sehari-hari, apalagi saat menyusui si kecil. Sebagian ibu menyusui mungkin khawatir untuk mengambil tindakan medis karena mengonsumsi obat tertentu bisa memengaruhi ASI.


Mengutip buku Menyusui: Panduan Para Ibu untuk Menyusui dan Mengenalkan Bayi pada Susu Botol, disebutkan bahwa hampir semua obat yang ibu minum masuk ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Namun sangat sedikit obat yang mengandung risiko bagi bayi yang disusui.

Senada dengan itu, menurut International Breastfeeding Centre (NBCI), secara umum obat-obatan memang terserap dalam ASI, namun dalam jumlah yang Sangat sedikit.

Walaupun ada sebagian obat yang dapat menimbulkan efek samping bagi bayi meski dalam dosis sangat rendah. Di samping itu, kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Asian woman toothache, pain, hurt and injured, tooth, teeth and dentistry woman conceptIlustrasi sakit gigi/ Foto: Dok. iStock

Lantas bagaimana dengan obat sakit gigi, bolehkah ibu menyusui minum obat sakit gigi?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) 2001, seperti dikutip dalam 'Pharmaceutical Journal of Indonesia', salah satu obat untuk mengurangi nyeri seperti sakit gigi adalah asam mefenamat, Bunda. Asam mefenamat tergolong aman digunakan tanpa menunjukkan tanda atau gejala yang dilaporkan pada bayi dan efek saat menyusui.

Selain itu, obat seperti ibuprofen juga tergolong aman dan bisa digunakan oleh ibu menyusui. Diikuti paracetamol yang juga baik digunakan untuk mengobati sakit gigi bagi ibu menyusui.

Simak juga Bunda, tips buat bayi sendawa sehabis menyusui pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi