sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 5 Penyebab Umum Bayi Berkeringat Saat Menyusu ASI

Annisa Karnesyia Rabu, 08 Jul 2020 17:55 WIB
Cute baby looks up at her mother while breastfeeding. One of the baby's blue eyes is looking at her mom. caption
Jakarta -

Bayi berkeringat saat disusui dapat terjadi karena berbagai alasan, Bunda. Tapi tak semua bayi mengalami hal ini lho.

Sebelum tahu penyebabnya, Bunda pahami dulu arti berkeringat yuk. Dilansir Mom Junction, berkeringat adalah cara tubuh untuk tetap tenang dengan mengirimkan panas berlebih. Kondisi ini paling sering terjadi di kepala, bawah lengan, kaki, dan telapak tangan.

Tak cuma orang dewasa, beberapa bayi juga berkeringat saat menyusu. Penyebabnya bisa karena lingkungan atau kesalahan saat menyusui.


"Jika suhu tubuh bayi naik karena beberapa alasan, maka kelenjar keringat melepaskan keringat. Kondisi kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan keringat muncul saat menyusui," kata ahli bedah gigi, dr.Ritika Shah.

Kalau si kecil berkeringat saat menyusu, tidak berarti penyebabnya karena patologis saja ya. Bisa juga disebabkan karena fisiologi yang umum.

Love and motherhoodIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Ada 5 penyebab umum bayi berkeringat saat disusui, Bunda. Simak penjelasannya berikut ya:

1. Skin to skin

Skin to skin dengan ibu saat menyusui bisa menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat. Panas tubuh ibu akan pindah ke kulit bayi, dan meningkatkan jumlah keringat yang diproduksi.

2. Suhu ruangan

Suhu tinggi dalam ruangan bisa menyebabkan bayi enggak nyaman dan kepanasan saat disusui. Ini juga dapat menyebabkan bayi berkeringat.

3. Menggunakan pakaian berlapis

Umumnya ibu menutupi bayi dengan selimut agar tetap hangat. Namun terkadang, ibu menutupi dirinya dan sang bayi saat menyusui di depan umum. Padahal ini bisa membuat bayi kepanasan dan berkeringat lho.

4. Efek menyusui

Pada bayi, menyusui seperti latihan otot-otot mulut. Sama seperti orang dewasa yang berkeringat ketika berolahraga, bayi juga bisa mengalaminya saat menyusui.

5. Posisi menyusui

Banyak ibu menggendong bayinya dalam posisi duduk saat menyusui. Seringkali, ibu memegang kepala bayi di telapak tangannya dalam posisi lama. Tanpa disadari, hal ini justru menyebabkan kepala bayi berkeringat, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi