sign up SIGN UP search


menyusui

Mengobati Abses Payudara pada Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 13 Jul 2020 12:38 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui seringkali mendatangkan berbagai permasalahan. Salah satu yang kerap dikeluhkan ibu menyusui, yakni abses payudara.

Menurut Dr Wendy R. Greene dari Emory University, abses payudara memang membuat wanita merasa tidak nyaman. Sehingga, hal tersebut dapat mengganggu proses menyusui. Ditakutkan, hal tersebut dapat mengganggu nutrisi si kecil.

"Biasanya, mereka akan merasakan gejala seperti flu, ditambah dengan benjolan hangat, merah, dan lembut di payudara," ujar Greene dikutip dari laman Mdedge.


Melansir Breastfeedingasn, ketika kondisi abses payudara tak segera diobati, hal ini dapat membuat kondisi semakin parah dan harus mendapat pertolongan di rumah sakit. Biasanya, abses payudara akan dikeringkan melalui proses pembedahan.

Dalam beberapa kasus, Bunda dapat menghindari rumah sakit. Tetapi, selama beberapa hari, tim medis akan mengeringkan abses menggunakan jarum suntik. Ini tidak berarti akhir dari menyusui ya, Bunda. Namun, jika lubang di luka dekat dengan puting, bayi mungkin tidak dapat menempel di area tersebut untuk sementara waktu.

Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infantIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Dan, proses menyusui dapat dipertahankan ketika payudara dikeringkan dengan operasi selama sayatan dan tabung drainase cukup jauh dari areola, sehingga bagian tersebut tak terlibat dalam menyusui.

Dalam hal apa pun, payudara harus dikeringkan secara manual sesering mungkin untuk mempertahankan suplai ASI sampai menyusui dapat dilanjutkan. Penyembuhan sendiri yang cukup biasanya memakan waktu empat hari.

Dengan antibiotik yang cukup dan pengurasan payudara dengan menyusu atau memompa secara hati-hati, penyembuhan abses payudara dapat terjadi secara bertahap. Bahkan, ketika Bunda terus menyusui, disarankan untuk menekan dengan kuat sayatan menggunakan kasa steril agar ASI tak mengalir dari luka selama menyusui. Sehingga, luka akan sembuh sepenuhnya dalam waktu 3-4 minggu.

Nah, ada baiknya tetap berhati-hati selama menyusui dengan kondisi abses payudara ya, Bunda. Tetap konsultasikan ke dokter ketika kondisi semakin memburuk agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga membantu, Bunda.

Lihat juga cerita perjuangan Winda 'Idol' menyusui ketika mengidap darah tinggi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi