sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat ASI yang Banyak Tak Disadari Para Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 12 Jul 2020 15:18 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan alami yang sempurna untuk bayi. Sederet kandungannya pun memberikan banyak manfaat baik bagi bayi dan juga Bunda.

ASI secara utuh memberikan nutrisi optimal untuk bayi. Selain itu, ASI juga memiliki jumlah nutrisi yang tepat, mudah, dan tersedia setiap waktu. Karenanya, Bunda pun diharapkan dapat menyusui secara eksklusif untuk mendapatkan ragam manfaat ASI.

Menurut pakar gizi bayi Ruth A. Lawrence, MD, manfaat ASI dapat mengurangi bayi terpapar risiko virus, infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, gastroenteritis, infeksi telinga, dan infeksi pernapasan.


"Kejadian pneumonia, pilek, dan virus berkurang di antara bayi yang disusui," ujar Lawrence yang juga seorang profesional pediatri dan obgyn di Fakultas Kedokteran, University of Rochester School of Medicine and Dentistry di Rochester, seperti dikutip dari Parents.

Sederet manfaat ASI pun tak hanya itu saja ya, Bunda. Ragam manfaat ASI diketahui juga dapat memberikan berbagai hal baik bagi si kecil. Berikut paparannya, seperti dikutip dari Healthline:

1. ASI memberikan nutrisi ideal bagi bayi

Sebagian besar otoritas kesehatan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. Menyusui yang berkelanjutan kemudian direkomendasikan untuk setidaknya satu tahun, karena makanan yang berbeda dimasukkan dalam makanan bayi.

ASI juga mengandung semua yang dibutuhkan bayi selama enam bulan pertama kehidupannya, dalam proporsi yang tepat. Komposisinya bahkan dapat berubah sesuai dengan perubahan kebutuhan bayi, terutama selama empat bulan pertama kehidupannya.

Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home.Ilustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock

2. ASI mengandung antibodi penting

Manfaat ASI sarat dengan antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Ini khususnya berlaku untuk kolostrum, ASI pertama. Kolostrum menyediakan imunoglobulin A (IgA) dalam jumlah tinggi, serta beberapa antibodi lainnya. Ketika Bunda terserang virus atau bakteri, maka ASI pun akan mulai memproduksi antibodi.

Antibodi ini kemudian disekresikan ke dalam ASI dan diberikan kepada bayi selama menyusui. ASI juga melindungi bayi dari sakit dengan membentuk lapisan pelindung di hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan bayi.

3. Menyusui dapat mengurangi risiko penyakit

Manfaat ASI juga diketahui dapat mengurangi risiko banyak penyakit. Seperti misalnya infeksi telinga, pilek, infeksi usus, dan lainnya.

4. ASI menjaga berat badan yang sehat

Manfaat ASI memang tak diragukan lagi. ASI diketahui dapat meningkatkan berat badan yang sehat pada bayi dan membantu mereka mencegah obesitas di masa kecil. Studi menunjukkan bahwa tingkat obesitas 15-30 persen lebih rendah pada bayi yang disusui, dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula.

Nah, itulah deretan manfaat ASI yang perlu Bunda tahu, ya. Tetap semangat mengASIhi, Bunda.

Simak juga daftar perlengkapan wajib ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(Dwi Indah Nurcahyani/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi