sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Siti Hafadzoh Jumat, 17 Jul 2020 16:10 WIB
daun kelor caption
Jakarta -

Siapa yang tak kenal daun kelor? Tumbuhan yang memiliki daun berukuran kecil ini ternyata sangat bermanfaat untuk ibu menyusui lho.

Daun kelor sering dibuat menjadi suplemen untuk ibu menyusui. Nama lain daun kelor adalah moringa. Tentu Bunda sudah sering dengar kan tumbuhan yang sedang hits ini?

"Ini telah digunakan untuk laktasi di seluruh dunia selama bertahun-tahun, tapi dalam 5 tahun terakhir ini mulai mendapatkan perhatian lebih di Amerika Utara," kata Gina Boling, IBCLC, direktur klinis untuk Breastfeeding Center Washington dikutip dari Healthline.


Boling mengatakan, daun kelor telah memberikan manfaat yang luar biasa untuk beberapa kliennya. Daun kelor merupakan suplemen favorit konselor laktasi yang satu ini.

Bunda dapat menemukan olahan daun kelor dalam bentuk teh, kapsul, atau bubuk. Daun kelor juga bisa dikonsumsi dengan smoothie atau ditambahkan ke dalam sup lho, Bunda.

Dilansir Firstcry Parenting, berikut ini 5 manfaat daun kelor untuk ibu menyusui:

1. Meningkatkan produksi ASI

Daun kelor telah digunakan cukup lama untuk meningkatkan produksi ASI. Ini karena daun kelor mengandung galactagoge, zat yang membantu meningkatkan ASI.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa seorang wanita dapat meningkatkan produksi ASI dengan konsumsi daun kelor.

Daun kelorIlustrasi daun kelor/ Foto: iStock

2. Memenuhi kebutuhan kalsium

Ibu menyusui membutuhkan dosis kalsium yang lebih karena tubuh Bunda memproduksi ASI untuk bayi. Si kecil yang menyusu juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan yang optimal. Nah, daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Bunda.

3. Menyingkirkan kelelahan

Daun kelor kata akan zat besi yang sangat penting untuk ibu menyusui. Jumlah besar zat besi dapat membantu ibu menyusui mengatasi lemas dan kelelahan.

Beberapa ibu juga mungkin kehilangan darah ketika melahirkan. Makanya, daun kelor dapat membantu mengisi kembali darah dan zat besi yang hilang.

4. Membantu pembekuan darah

Kaya akan vitamin K, daun kelor dapat membantu pembekuan darah. Ini sangat bermanfaat untuk Bunda yang mengalami pendarahan setelah melahirkan lho.

5. Membantu menjaga kesehatan rahim

Konsumsi daun kelor juga bisa membantu mengatasi nyeri persalinan. Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat dibutuhkan setelah melahirkan.

Lihat juga tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi