sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mengencangkan Payudara Usai Menyapih dengan Bahan Dapur

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 17 Jul 2020 07:04 WIB
Rustic products: homemade fermented milk kefir (sour cream) in a wooden spoon and clay bowl, some brown eggs and biscuit sticks on linen cloth. Rustic natural organic food caption
Jakarta -

Payudara kendur menjadi keluhan umum bagi banyak wanita. Tak terkecuali para Bunda yang sudah berhenti menyusui alias menyapih buah hatinya.

Payudara kendur biasanya terjadi karena hilangnya elastisitas, berhenti menyusui, penurunan berat badan secara drastis, persalinan, mengenakan ukuran bra yang salah, dan efek gravitasi.

Melansir Blackdoctor, payudara sendiri terdiri dari jaringan lemak dan saluran susu di atas otot dada yang menopangnya. Dengan melakukan beberapa latihan, akan membantu membangun kekuatan di sekitar otot bagian dada.


Untuk mengatasinya, beberapa bahan alami bisa digunakan untuk mengencangkan payudara. Bahkan, beberapa di antaranya bisa Bunda dapatkan di dapur lho.

Selain aman digunakan, bahan-bahan ini dapat menjadi antioksidan alami yang ramah digunakan.

"Bunda dapat memanfaatkan minyak zaitun yang kaya akan antioksidan dan asam lemak, di mana dapat mengembalikkan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mengencangkan payudara. Minyak zaitun juga sangat baik digunakan bersamaan dengan pijatan untuk mengencangkan payudara," ujar Glamazon Tyomi, seorang sex educator.

Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept.Cara mengencangkan payudara kendur dengan bahan dapur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato

Cara mengencangkan payudara dengan bumbu dapur juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan campuran mentimun dan kuning telur. Ini merupakan ramuan efektif untuk mengangkat payudara Bunda.

Bunda dapat menggunakan mentimun sebagai masker karena memiliki sifat pengencangan kulit alami. Sedangkan kuning telur memiliki kadar protein dan vitamin yang tinggi. Ini merupakan kombinasi yang baik untuk mengobati payudara yang kendur, seperti dikutip dari Times of India.

Selain itu, ibu yang sudah berhenti menyusui juga dapat memilih campuran putih telur, madu, dan yogurt yang dapat menjadi ramuan efektif untuk mengencangkan payudara.

Jadikan ramuan ini menjadi masker payudara dengan mencampurkan satu putih telur dengan masing-masing 1 sdm yogurt dan madu. Kemudian, oleskan ke payudara ke arah atas dan biarkan selama 20 menit dan segera bilas dengan air dingin.

Rempah seperti fenugreek juga menjadi salah satu yang bisa Bunda manfaatkan ya. Dengan diperkaya vitamin serta antioksidan, fenugreek membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mengencangkan sekaligus menghaluskan kulit di sekitar payudara.

Nah, semoga membantu ya, Bunda.

Bunda juga bisa mencoba 3 gerakan berikut untuk mengencangkan payudara. Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi