menyusui

8 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

Siti Hafadzoh Jumat, 18 Oct 2019 15:25 WIB
8 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI
Jakarta - Seorang ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya kan? Termasuk salah satunya memberi ASI secara eksklusif kepada bayinya. Tapi, kadang kalau produksi ASI sedikit, Bunda jadi bingung harus bagaimana. Takutnya nutrisi si kecil tidak terpenuhi.

Sebenarnya, tubuh Bunda sudah mulai memproduksi ASI ketika usia kehamilan 16 minggu lho. ASI yang diproduksi berupa kolostrum yang jumlahnya sedikit. Saat bayi lahir, baru tubuh Bunda siap untuk memproduksi ASI.

"Saat bayi lahir, plasenta sudah tidak ada. Alhasil, hormon progesteron dan estrogen menurun, sedangkan hormon prolaktin meningkat dan memberi sinyal pada otak untuk memproduksi ASI," kata perawat anak bersertifikat, Donna Murray, RN, BSN, dikutip dari Very Well Family.


Ketika ASI yang diproduksi tidak banyak, jangan galau dulu, Bun. Ada cara alami kok untuk menambah produksi ASI. Berikut 8 cara alami agar produksi ASI meningkat, dikutip dari The Mindfull Mom dan Medela.

1. Sering menyusui

ASI diproduksi berdasarkan persediaan dan permintaan. Artinya, semakin sering Bunda menyusui, semakin banyak juga ASI yang diproduksi.

2. Mengosongkan payudara

Payudara yang sudah kosong memberi sinyal pada tubuh untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Mengosongkan kedua payudara akan menghasilkan lebih banyak ASI lho, Bun.

8 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASIIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Pompa ASI setelah menyusui

Kadang, bayi selesai menyusu sebelum payudara kosong. Untuk mengakalinya, Bunda bisa memompa ASI setelah bayi menyusu. Cara ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak.

4. Merawat diri

Merawat diri juga berpotensi meningkatkan produksi ASI, Bun. Cari waktu untuk bersantai dan fokus pada diri sendiri, seperti tidur siag atau membaca buku.

5. Hubungi profesional kalau khawatir berlebihan

Konsultan laktasi dapat menentukan bantuan apa yang diberikan agar jumlah ASI bertambah dan bekerjasama dengan Bunda untuk mengatasi masalah ini.

6. Tetap terhidrasi

Minum air putih yang banyak ya, Bun. Banyaknya air putih yang dibutuhkan memang berbeda-beda. Tapi, setidaknya Bunda harus minum air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari.

7. Makan diet seimbang

Ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori sebanyak 500 kalori per hari. Pilih makanan yang bernutrisi yang memberikan Bunda energi. Misalnya makanan kaya protein, oatmeal, telur, sayuran, dan sebagainya. Beberapa ibu bilang, makanan ini bisa meningkatkan pasokan ASI lho, Bun.

8. Jangan lupa konsumsi vitamin

American Academy of Pediatrics menyarankan untuk konsumsi kalsium, vitamin D, zat besi, dan asam folat. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk ibu menyusui.

Selamat mencoba ya, Bun. Semoga berhasil!

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi