sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Ingin Menyapih Tanpa Drama? Yuk Tanya Pakar di Sini

Muhayati Faridatun Jumat, 16 Oct 2020 08:11 WIB
Baby is fed mother's milk looking at camera. Close up head shot. Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Oksana_Bondar
Jakarta -

Saat tiba waktunya menyapih si kecil, tak sedikitĀ ibu menyusui yang mendadak galau. Dari jauh-jauh hari, ibu menyusui biasanya punya keinginan menyapih dengan cinta dan tanpa drama. Tapi, bagaimana praktiknya?

Seperti Bunda ketahui, sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), bayi sebaiknya diberi ASI eksklusif sejak baru lahir hingga usia 6 bulan. Selanjutnya, bayi diberi makanan pendamping atau MPASI dan tetap minum ASI hingga usia 2 tahun.

Nah, selain menghadapi si kecil yang melakukan GTM alias gerakan tutup mulut saat makan, Bunda kembali menemui tantangan saat menyapih tiba. Sebagian bunda merasa galau, tak sedikit juga bunda yang bingung tentang bagaimana cara menyapih tanpa drama.


Ada yang mengolesi payudara dengan obat merah, minyak kayu putih, kunyit, atau brotowali. Biasanya, ibu menyusui melakukan ini supaya si kecil takut, sehingga tak mau menyusu lagi. Tapi, apakah cara ini dibenarkan?

Kalau ingin menyapih dengan cinta dan tanpa drama, bagaimana caranya? Bunda enggak perlu bingung, konselor laktasi dr.Sarah Audia Hasna akan memberi tips selengkapnya, dalam Live Instagram HaiBunda Tanya Expert pada Rabu, 21 Oktober 2020 mulai pukul 14.00 WIB. Eksklusif di @haibundacom.

Live Instagram bertema Menyapih dengan Cinta & Tanpa Drama ini akan dipandu host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat Live Instagram berlangsung.

Bagi Bunda yang terlewat, masih bisa menyaksikan selengkapnya di feed @haibundacom.

Ingat juga untuk selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak dan #cucitanganpakaisabun #satgascovid19

Simak juga 9 tips ibu menyusui mencegah mastitis, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi