sign up SIGN UP search


menyusui

Menyapih Anak Tanpa Drama, Simak 7 Langkah Lakukan Weaning With Love

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 07 Dec 2019 11:30 WIB
Mau menyapih si kecil tanpa drama? Coba terapkan WWL alias Weaning With Love yuk, Bun. caption
Jakarta - Masa menyapih si kecil kadang bisa menimbulkan drama bagi anak bahkan ibunya. Si anak sering rewel dan ibu bukan enggak mungkin jadi baper (bawa perasaan) ketika hendak menyapih si kecil.

Terlebih soal menyapih ini sering dikaitkan dengan lama waktu menyusu anak. Katanya, makin lama menyusui, makin sulit Bunda menyapih anak. Apa benar begitu?


Dikatakan dr.Meta Hanindita, Sp.A dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang umur hanya sedikit berpengaruh pada kemudahan penyapihan dibandingkan perkembangan kesiapan balita untuk disapih. Sebab, kata Meta tiap anak punya waktu perkembangan sendiri terkait kesiapan disapih.

"Kalau ibu mulai menyapih, semakin dekat pula waktu batita dapat disapih sepenuhnya," ujar Meta dalam bukunya Mommycolpedia Panduan Lengkap Merawat Batita.

Nah, jika Bunda ingin menyapih anak, terapkan weaning with love yuk, Bun. Dengan begini, anak enggak merasa diabaikan dan tetap disayang meski dia sudah tak menyusu pada bundanya.

Ingat ya, Bun, sapihlah si kecil saat ibu dan anak sudah sama-sama siap. Meta menjelaskan, ada tujuh tahap melakukan Weaning With Love (WWL) atau menyapih dengan cinta.

ilusstrasi menyapihilusstrasi menyapih/ Foto: iStock
1. Beberapa minggu sebelum menyapih ajak anak bicara sial rencana menyapih. Meta mencontohkan Bunda bisa mengucapkan, 'Kak, kakak kan sudah besar. Nanti habis ulang tahun ke-2 minum susunya daru gelas ya, bukan dari Mama lagi.'

"Ulangi terus sampai si batita mengerti," tegas Meta.

2. Susui si kecil saat dia meminta, tapi jangan menawarkan saat dia tidak meminta. Perlahan, kurangi juga frekuensi menyusui, Bun.

3. Ganti rutinitas yang ada di rumah. Misal, kalau anak selalu menyusu saat akan tidur, buat rutinitas baru sebelum tidur. Misalnya membacakan buku cerita atau menyanyikan lagu Nina Bobo.

4. Saat si kecil minta nyusu, tunda sementara waktu.

5. Jangan bohongi anak dengan memakai lipstik, brotowali, bahkan obat merah untuk mewarnai payudara atau membuat rasanya beda. Lakukan penyapihan dengan cinta dan kenyamanan bagi kedua pihak.

6. Saat anak minta menyusu tawarkan susu di botol atau camilan.

7. Sebaiknya jangan lakukan proses menyapih saat batita sedang sakit.

Cek posisi menyusui dan pelekatan yang tepat di video ini.

[Gambas:VideoHaibunda

Menyapih Anak Tanpa Drama, Simak 7 Langkah Lakukan Weaning With Love


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi