sign up SIGN UP search


menyusui

5 Do's & Dont's Ibu Menyusui Cukup Istirahat agar Tak Ganggu Pasokan ASI

Asri Ediyati Senin, 26 Oct 2020 19:35 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption
Jakarta -

Persalinan atau melahirkan bisa sangat melelahkan bagi seorang ibu. Namun, menyusui bayi baru lahir juga tak kalah melelahkannya. Terlebih bagi ibu baru, kurang istirahat seringkali menjadi keluhan yang memengaruhi deras tidaknya pasokan ASI.

Ya, seperti yang kita ketahui ya, kalau kelelahan menjadi salah satu faktor yang membuat pasokan ASI tidak lancar. Itu sebabnya, ibu menyusui harus mendapatkan tidur yang cukup serta perasaan relaks.

Selain itu, ibu menyusui yang kurang istirahat atau tidur, menurut Margaret Park, MD, asisten spesialis tidur di Rush University Medical Center di Chicago, bisa menambah risiko masalah kesehatan mental pasca melahirkan, seperti baby blues.


"Kurang tidur dapat menyebabkan perubahan suasana hati, dan ibu baru berisiko mengalami baby blues atau depresi pasca partum yang lebih serius," kata Margaret Park, dikutip dari WebMD.

Nah, untuk mencegah terjadinya efek serius dari kurang tidur seperti baby blues atau depresi pasca melahirkan, coba yuk, ikuti lima do's and dont's ini,

Berikut do's and dont's agar ibu menyusui cukup istirahat, dilansir Parents:

Do's

1. Bagi tugas rumah tangga kepada orang sekitar yang bersedia membantu. Mungkin ada saudara Bunda yang datang berkunjung, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dari mereka.

2. Pompa ASI dan sediakan ASIP yang cukup. Ini agar orang lain, seperti suami (mumpung WFH) bisa memberi makan bayi saat Bunda tidur.

3. Istirahat atau lakukan sesuatu yang menenangkan saat bayi tertidur di siang hari.

4. Mintalah suami untuk membantu. Jika dia tampak bingung harus berbuat apa, beri dia tugas khusus.

5. Pertimbangkan keranjang bayi yang menempel di tempat tidur sehingga Bunda tidak perlu bangun atau beranjak dari tempat tidur untuk memberi makan bayi.

Dont's

1. Jangan menonton televisi atau bekerja di depan komputer 30 menit sebelum waktu tidur, atau jika Bunda terbangun di tengah malam.

2. Jangan minum lebih dari satu cangkir kafein per hari. Kafein bisa membuat Bunda terjaga bukannya istirahat.

3. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa melakukan segala pekerjaan domestik atau rumah tangga.

4. Jangan stres tentang penampilan atau kondisi rumah. Coba rapikan rumah ketika Bunda merasa lebih segar dan fit.

5. Jangan gunakan waktu tidur siang bayi untuk melakukan pekerjaan rumah. Sebaliknya, Bunda lebih baik tidur atau rebahan jika tidak merasa mengantuk.

Ikuti yuk larangan dan saran untuk ibu menyusui, agar tak mengganggu pasokan ASI.

Simak juga cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi