sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Atasi ASI Tersumbat dengan Garam Epsom, Bisa Bunda Coba di Rumah

Asri Ediyati Sabtu, 17 Oct 2020 15:14 WIB
White bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden table caption
Jakarta -

SetiapĀ ibu menyusui pastinya menghindari betul ASI tersumbat. Ya, karena enggak cuma bikin payudara bengkak, tapi Bunda juga bisa berpotensi mengalami mastitis. Jika sudah terjadi mastitis, maka dokter lah yang perlu Bunda cari.

Nah, sebelum terlambat, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengeluarkan ASI tersumbat. Salah satunya adalah dengan menggunakan garam epsom. Apa itu garam epsom?

Menurut dietitian Brianna Elliott, RD, garam epsom juga dikenal sebagai magnesium sulfat. Garam epsom adalah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium, belerang, dan oksigen. Namanya diambil dari kota Epsom di Surrey, Inggris, tempat pertama kali ditemukan.


"Terlepas dari namanya, garam epsom adalah senyawa yang sama sekali berbeda dari garam meja. Meskipun terlihat mirip dengan garam meja, rasanya sangat berbeda. Garam epsom cukup pahit dan tidak enak," tulis Elliott, dikutip dari Healthline.

Garam epsom ini dikenal banyak orang sebagai garam mandi, yang bisa menenangkan dan mengusir rasa pegal di kaki Bunda. Selain garam untuk mandi, apa hubungannya dengan ASI tersumbat?

Konselor laktasi Lisa Williams, LEC, menjelaskan bahwa garam epsom dapat membantu saluran ASI yang tersumbat ketika dilarutkan dalam air untuk membantu menarik penyumbatan keluar dari saluran.

Bagaimana cara mengeluarkan ASI tersumbat dengan garam epsom? Williams menjelaskan dua metode, satu dengan pompa silikon dan satu lagi tanpa pompa. Sebagai informasi tambahan, jika Bunda ingin beli pompa silikon, alat tersebut sudah banyak tersedia di e-commerce, lho.

"Dengan merendam payudara dalam campuran ini, rasa sakit dan bengkak dapat dikurangi yang memungkinkan penyumbatan lebih mudah ditarik keluar," kata Williams, dikutip dari blog resminya Pumping Mamas.

Berikut cara mengeluarkan ASI tersumbat dengan garam epsom plus pompa silikon:

1. Mulailah pijat payudara dengan menggunakan kain hangat ini selama 15 menit.

2. Isi pompa silikon dengan air yang sangat hangat. Pastikan airnya hangat tetapi tidak terlalu panas.

3. Tambahkan sedikit garam epsom (lihat takaran di bawah untuk mengetahui jumlahnya)

4. Tempelkan payudara di pompa silikon dengan garam epsom dan air selama 15 atau 20 menit.

5. Ulangi proses ini 2 hingga 3 jam kemudian jika penyumbatan tidak keluar untuk pertama kalinya.

Takaran: Apabila ukuran pompa silikon 100 ml, isi dengan air hangat 1/4 cup, tambahkan 1 sdm garam epsom. Apabila ukuran pompa silikon 200 ml, isi dengan air hangat 1/4 cup, tambahkan 2 sdm garam epsom.

Berikut cara mengeluarkan ASI tersumbat hanya dengan garam epsom tanpa pompa silikon:

1. Langkah pertama adalah mengisi mangkuk kecil dengan air hangat.

2. Selanjutnya, tambahkan 1/4 cangkir garam epsom untuk setiap 2 cangkir air di dalam mangkuk. Aduk hingga garam epsom larut dalam air hangat.

3. Letakkan handuk di lantai kamar mandi, lalu letakkan mangkuk di atas handuk untuk menampung tumpahan. Berbaring telungkup dan rendam sisi yang terkena ke dalam mangkuk yang berisi larutan garam epsom.

4. Rendam payudara selama 15 hingga 20 menit dan bilas area tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan garam epsom.

5. Jika sumbatan tidak keluar dari rendaman, cobalah memompa selama 20 menit lagi untuk menghilangkan sumbatan.

Semoga dua cara denganĀ garam epsom ini bisa membantu Bunda keluarkan ASI tersumbat ya.

Simak juga cara mencegah mastitis saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi