sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Menerima Vaksin COVID-19, Bahayakan ASI Enggak Sih?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 Jan 2021 12:26 WIB
Mid adult Caucasian woman smiles as she prepares to get a shot from a nurse or pharmacist. Pharmacist is mid adult Caucasian woman who is wearing gloves and using a syringe to give vaccine for flu to customer. caption

Jakarta - Kabar menggembirakan baru saja diumumkan pemerintah nih, Bunda, mengenai vaksin COVID-19 yang sudah tersedia di Indonesia. Selain tenaga kesehatan dan pekerja publik, masyarakat di usia produktif masuk dalam golongan penerima vaksin. Lalu, bagaimana dengan ibu menyusui? Apakah aman menerima vaksin COVID-19?

Melansir Theguardian, ibu menyusui sebenarnya tidak akan ditawari vaksin COVID-19, Bunda. Para penggiat mengklaim bahwa ibu menyusui menghadapi pilihan yang sulit antara memberikan asupan buah hati mereka secara alami atau diinokulasi untuk melawan COVID-19.

Situs NHS sendiri menyarankan agar ibu menyusui untuk menunggu sampai mereka berhenti menyusui sebelum mendapatkan vaksin COVID-19. 


Sementara itu, Dr Vicky Thomas dari The Hospital Infant Feeding Network (HIFN) mengatakan bahwa dirinya memahami kekhawatiran tetapi menggarisbawahi fakta bahwa tidak ada bukti vaksin ini akan berbahaya bagi ibu menyusui atau anak mereka dan risikonya bagi banyak orang tampaknya minimal.

"Vaksin adalah pertahanan terbaik kita melawan COVID. Menegaskan tanpa bukti bahwa perempuan tertentu tidak boleh mengaksesnya ialah tindakan yang tidak bertanggung jawab, terutama karena perempuan merupakan mayoritas pekerja penting dalam pekerjaan berisiko tinggi,"ujar Dr Hannah Barham Brown dari Women Equality Party.

Melansir Utswmed, pasien hamil dan menyusui tidak diikutsertakan dalam uji klinis putaran pertama untuk vaksinasi virus corona baru meskipun ada advokasi yang konsisten dari organisasi seperti Society for Maternal-Fetal Medicine (SMFM) dan National Academy of Medicine.

Pada 11 Desember, panel FDA yang mengesahkan vaksin Pfizer/BioNTech untuk penggunaan darurat  yang menyebabkan perdebatan topik mengenai kehamilan dan vaksin. Di antara poin-poin yang didiskusikan adalah fakta bahwa setidaknya 330.000 dari 21 juta petugas kesehatan negara yang termasuk dalam gelombang pertama penerima vaksin diharapkan hamil atau menyusui.

Simak ulasan lengkapnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak penjelasan mengenai vaksin COVID-19 dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi
Vaksin Corona untuk Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi