sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Perlu Panik Bun, Ini 10 Penyebab Bayi Menangis Saat Menyusu

Annisa Karnesyia Senin, 22 Mar 2021 21:14 WIB
Crying little baby in the arms of her mother in a living room. caption
Jakarta -

Tidak semua bayi merasa tenang saat menyusu ya, Bunda. Beberapa bayi akan berubah menjadi rewel danĀ terus menangis saat disusui.

Menurut konselor laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, beberapa bayi akan rewel, menangis, bahkan menolak payudara Bunda saat menyusui. Hal ini umumnya normal terjadi pada bayi di awal kehidupannya.

"Sagat umum untuk melihat perilaku ini sekitar 6 sampai 8 minggu, meskipun ini dapat terjadi kapan pun," kata Bonyata, dilansir Kelly Mom.


banner resep tahu

Kebanyakan bayi mengalami percepatan pertumbuhan selama beberapa hari pertama setelah lahir atau sekitar 7 sampai 10 hari. Bayi dapat berubah menjadi rewel ketika mengalami percepatan pertumbuhan dan bahkan dapat memengaruhi pola menyusunya.

Selain masa tumbuh kembangnya, kondisi puting ibu hingga produksi Air Susu Ibu (ASI) juga bisa menjadi kendala bayi menangis saat menyusu.

Mengutip berbagai sumber, berikut 10 penyebab bayi terus menangis saat menyusu:

1. Aliran ASI tidak lancar

Bayak bayi menangis saat menyusu karena aliran ASI tidak lancar, Bunda. Si kecil mungkin menjadi rewel dan menangis hingga menolak menyusu karena masalah ini. Bunda bisa melakukan kompresi untuk memperlancar aliran ASI.

2. Bayi belum sendawa

Tangisan bayi saat menyusu bisa menandakan bayi belum bersendawa. Untuk mengatasinya, Bunda bisa bergantianĀ menyusui bayi di payudara sambil menepuk pelan punggungnya.

Pada bayi berusia 6 bulan atau lebih, biasanya mereka bisa sendawa sendiri. Kita juga dapat mengganti popoknya untuk mengeluarkan gas.

3. Bayi sedang tumbuh gigi

Beberapa bayi menangis dan rewel saat mereka tumbuh gigi. Kondisi ini memang sering bikin gusi si Kecil sakit, sehingga membuatnya tak nyaman saat menyusu.

4. Bayi merasa stres

Stres juga bisa dialami bayi lho. Stres pada bayi bisa terjadi jika Bunda juga stres atau sering khawatir. Bayi yang stres lebih suka rewel dan menangis saat disusui.

Simak 6 penyebab bayi menangis saat menyusu di halaman selanjutnya ya.

Simak juga cara mencegah mastitis pada ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SARIAWAN HINGGA KENYANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi