sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Air Tajin Bermanfaat untuk Bayi? Ini Penjelasannya Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 04 Apr 2021 11:36 WIB
A detail shot of cute baby drinking milk from bootle caption

Meski tidak sepopuler susu, air tajin cukup dikenal memiliki manfaat ketika diberikan pada bayi, terutama di kalangan orang tua zaman dahulu. Tapi benarkah air tajin bermanfaat untuk bayi?

Air tajin merupakan pati yang tersuspensi, dan diperoleh dari proses memasak nasi. Ketika memasak beras menjadi nasi tentunya akan larut seluruhnya ke dalam air dan menghasilkan pati. Ini merupakan salah satu makanan yang diberikan untuk bayi karena pengolahannya yang mudah dan harga yang terjangkau.

Tak jarang, air ini direkomendasikan sebagai makanan pertama bayi ketika menyapih. Hal ini dilakukan sebagian Bunda karena sifat air tajin yang mudah dicerna dan hipoalergenik. Namun, dengan fokus pada nilai gizinya secara keseluruhan, air tajin memang tidak dapat dijadikan sebagai pilihan utama yang diberikan pada bayi, seperti dikutip dari laman Momjunction.


Selain mengandung pati juga memiliki kandungan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin), serta mineral seperti natrium dan kalium. Jika dibandingkan dengan nasi utuh, air tajin kekurangan serat dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, dan beberapa protein beras yang sangat penting.

Idealnya air tajin digunakan untuk bayi sebagai makanan tambahan bersama dengan makanan lain seperti ubi yang dihaluskan, sayuran, dan bubur. Dengan begitu, dapat memungkinkan bayi memperoleh makanan yang mengandung sebagian protein, mikronutrien, dan serat.

Oh ya, Bunda, air tajin juga tidak bisa dijadikan pengganti ASI. Serta, jangan pula menggunakan air tajin sebagai satu-satunya sumber nutrisi bayi karena nilai gizinya yang minim. 

Di luar kandungan gizinya yang tidak minim, air tajin sendiri sebenarnya memiliki manfaat. Apa saja? Cek halaman selanjutnya, Bunda.

MANFAAT AIR TAJIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi