sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ketahui yuk Jenis Obat Flu Paling Aman untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 13 Aug 2021 15:55 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Jakarta - Flu dan pilek adalah penyakit yang disebabkan virus dan lazim dialami siapa pun, termasuk ibu menyusui. Penyakit itu pun membuat Bunda menjadi kurang fit dan tidak nyaman saat menyusui Si Kecil.

Memang rasanya enggak enak banget bila harus menyusui saat terserang flu dan pilek. Selain khawatir menulari Si Kecil, tubuh Bunda pun rasanya enggak karuan karena kurang istirahat sehingga kepala pening dan hidung meler.


Dalam kondisi tersebut, tentu saja menggunakan obat flu menjadi langkah yang banyak dipilih. Tetapi, sering kali memang jadi galau ya Bunda karena ada rasa khawatir bila minum obat justru malah memberikan efek samping pada Si Kecil lewat ASI yang dikonsumsi.

Untuk amannya, memang Bunda disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai obat flu yang hendak dikonsumsi. Sebab, tidak semua obat direkomendasikan untuk ibu menyusui.

Menurut Shawna Lamond, Direktur & Staf Dokter di The Alex Breastfeeding Clinic and Riley Park Lactation di Calgary bahwa ibu menyusui dapat mengonsumsi antihistamin dan dekongestan saat menyusui.

"Antihistamin aman untuk ibu menyusui. Obat ini sering diresepkan untuk masalah ruam dan masalah lain pascapersalinan," ujarnya seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Tetapi, sambung Lamond, obat apa pun yang akan mengeringkan hidung juga akan mengeringkan semuanya. Seperti halnya antihistamin yang dapat menurunkan produksi susu. Jika Bunda khawatir tentang pasokan ASI, Bunda dapat menggunakan dekongestan hidung hingga tiga hari, sambungnya.

Melansir Therecoveryvillage bahwa flu saat menyusui bisa dalam taraf ringan ataupun parah. Dan, kekhawatiran yang paling banyak muncul pada busui yakni apakah flu akan menyebar melalui ASI.

Untuk hal tersebut, perlu Bunda ketahui bahwa ketika Bunda menyusui dan terkena flu, flu tidak akan menyebar ke bayi melalui ASI. Dan meskipun Bunda sedang flu, tetap disarankan bagi Bunda untuk terus menyusui.

Seperti diketahui, ASI mengandung antibodi dan elemen pelindung lainnya yang dapat membantu bayi baru lahir menghindari flu. Bahkan, jika Bunda sakit sekalipun, dalam banyak kasus, ASI menjadi bentuk nutrisi yang direkomendasikan untuk bayi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 obat flu alami untuk ibu menyusui di bawah ini ya Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT FLU TEPAT UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!