sign up SIGN UP search


menyusui

Dinilai Ampuh, Inilah 5 Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui

Haikal Luthfi Kamis, 17 Jun 2021 08:25 WIB
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption
Jakarta -

Perubahan cuaca belakangan ini membuat banyak orang yang rentan terserang flu, tak terkecuali pada ibu menyusui, Bunda.

Rasanya tentu tidak enak sekali, apalagi saat menyusui yang tak bisa sembarang mengonsumsi obat. Tidak sedikit dari mereka yang khawatir akan penggunaan obat-obatan selama menyusui, dapat mempengaruhi bayi yang disusuinya.

Menurut konselor laktasi dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, memang ada beberapa obat flu yang menghambat hormon menyusui. Misalnya, obat yang mengandung pseudoefedrin menghambat hormon prolaktin.


"Jadi ternyata pseudoefedrin punya efek samping menghambat kerja prolaktin. Jadi kadang ibu menurun produksi ASI-nya," kata Hikmah beberapa waktu yang lalu.

Meski demikian, tidak semua obat flu memiliki dampak langsung ketika menyusui, Bunda. Misalnya saja pada jenis ibuprofen, yang cukup aman karena tingkat obat yang masuk sangat rendah ke dalam ASI.

Mengutip Today Parents, ini merupakan obat anti inflamasi non steroid yang dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala, pilek dan demam, sehingga boleh dikonsumsi dan tidak mempengaruhi bayi secara langsung.

Jika Bunda masih khawatir dengan obat-obatan kimia yang tersedia di pasaran, terdapat beberapa cara alami untuk mengatasi untuk mengatasi flu saat menyusui pada pembahasan sebagai berikut:

Obat flu alami untuk Ibu menyusui

Berbicara tentang cara mengatasi penyakit dengan alami, tentu tidak lepas dengan bahan-bahan herbal yang bisa diterapkan sendiri di rumah, termasuk dalam hal mengatasi penyakit flu, Bunda.

Seperti minum air atau teh hangat dengan campuran lemon dan madu atau juga Bunda bisa menggunakan humidifier sebagai pelembab udara. Hal ini akan mempermudah lendir di hidung untuk dikeluarkan.

"Obat-obatan ini 100 persen aman, dan bekerja," kata Michelle Morais, spesialis obat ibu dan janin di McMaster University di Hamilton, Kanada.

Disamping itu secara rinci ada banyak cara untuk membantu mengatasi flu saat menyusui. Ini bisa dibilang sebagai obat alami untuk ibu menyusui, Bunda seperti yang dikutip dari laman Goodrx dan Mom Loves Best, yaitu:

1. Perbanyak cairan

Glass cup with fresh green tea and mint.Ilustrasi air hangat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

Cairan bening, terutama yang hangat akan membantu memecah lendir di hidung dan dada. Menambahkan madu atau lemon ke minuman hangat, atau menyesap kaldu hangat adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hidrasi demi mengurangi hidung tersumbat.

Selain itu, dengan memperbanyak cairan akan membantu tubuh tetap terhidrasi serta mengatasi gejala seperti mual dan demam. Ini juga penting untuk menjaga pasokan susu yang baik saat Bunda merasa sakit.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat berguna untuk meringankan gejala flu saat menyusui, Bunda. Sebab, uap-uap dari air hangat tersebut juga dapat membantu membuka rongga dan saluran hidung yang membuat lendir menjadi lebih cepat cair, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Gunakan pelembap udara

Humidifier memberikan manfaat yang sama seperti mandi uap. Cobalah untuk mengoperasikan humidifier sebagai pelembap udara ketika beranjak tidur untuk mendapatkan kelegaan dalam semalam.

4. Gunakan semprotan saline hidung

Jika hidung tersumbat dan tak kunjung hilang, Bunda juga dapat mempertimbangkan dengan menggunakan semprotan saline hidung yang bebas obat. Larutan saline memiliki kandungan yang membantu mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat.

5. Perbanyak istirahat

Saat flu, sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk melawan virus. Hal ini bisa sangat melelahkan, terutama jika Bunda terbangun di tengah malam bersama bayi.

Cobalah untuk memastikan tidur sebanyak yang Bunda bisa, dan selama beristirahat, Bunda bisa mempercayakan mengurus kebutuhan bayi (kecuali makan) pada orang lain atau selipkan diri dan si Kecil ke tempat tidur dan tidak melakukan apapun selain istirahat.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi