sign up SIGN UP search


menyusui

Simak Alasan Mengapa Ibu Menyusui Perlu Membatasi Konsumsi Cokelat dan Kopi

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 25 Dec 2021 14:15 WIB
Chocolate muffins on wooden board. Sweet food. Tasty chocolate cakes caption

Jakarta - Pada saat hamil dan menyusui, ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan untuk Bunda. Termasuk beberapa camilan lezat yang mungkin kurang baik untuk Si Kecil bila dikonsumsi terlalu banyak.

Misalnya saja camilan berbahan dasar cokelat dan segelas kopi, wah dua-duanya tentu merupakan hal yang sangat menggoda untuk dikonsumsi ya Bunda?

Sebenarnya, mengonsumsi apa pun selama hamil dan menyusui selama hamil dan menyusui tidaklah berbahaya asalkan dalam porsi yang moderat ya Bunda. Khususnya saat menyusui karena semua yang dimakan akan berpengaruh pada Si Kecil yang menyusu. Bunda pun tentunya ingin memberikan ASI terbaik dan berkualitas untuknya, kan?


Sebenarnya, tidak ada yang bisa memastikan dan melarang Bunda memakan cokelat atau kopi selama masa menyusui. Namun, ada beberapa pendapat bahwa Bunda sebaiknya mengurangi bahkan tidak makan cokelat dan kopi sama sekali.

Kenapa begitu? Dilansir dari Parenting Firstcry, inilah lima alasan kenapa ibu menyusui sebaikya menghindari memakan cokelat.

1. Mal dan muntah

Pada masa awal-awal menyusui, mungkin Bunda masih belum mengetahui secara pasti, seperti apa pola menyusui serta pengaruh apa dari makanan yang Bunda konsumsi.

Kandungan pada cokelat bisa membuat Si Kecil mual dan muntah. Jika Bunda sudah melihat tanda ini, ada baiknya Bunda mengurangi atau bahkan menghindari mengkonsumsi cokelat.

Banner Cara Membuat Bakwan JagungBanner Cara Membuat Bakwan Jagung/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Insomnia

Apakah Si Kecil menjadi susah tidur malam dan selalu terjaga? Mungkin ini adalah tanda Bunda harus berhenti mengonsumsi cokelat. Cokelat dapat membuat Si Kecil terjaga sepanjang malam sehingga Bunda pun harus mengorbankan sekali lagi waktu istirahat.

3. Diare

Salah satu tanda Bunda harus berhenti mengonsumsi cokelat selama menyusui adalah jika pencernaan Si Kecil mulai terganggu dan mengalami diare. Jika Si Kecil mulai diare, ada baiknya Bunda tidak mengonsumsi cokelat terlebih dahulu. 

4. Tidak mau menyusu

Tanda paling jelas yang dapat Bunda lihat adalah ketika Si Kecil justru enggan menyusu. Bisa jadi, ini karena cokelat yang Bunda konsumsi atau berbagai makanan-minuman lainnya. Sebaiknya, Bunda menghentikan dahulu melahap cokelat ya.

Itulah beberapa alasan kenapa Bunda harus menghindari atau mengurangi konsumsi cokelat selama menyusui. Semoga bermanfaat. Lalu bagaimana dengan kopi? Apakah Bunda menyusui boleh minum kopi? Simak lengkapnya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak pula video tentang makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH MINUM KOPI AMAN SAAT MENYUSUI? INI JAWABANNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!