sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Ingin Minum Kopi? Boleh kok, Ini Takaran Pasnya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 07 Nov 2021 08:15 WIB
Young happy woman drinking coffee on the kitchen in the morning. caption

Jakarta - Menyeruput kopi dan menghirup aroma bagi sebagian orang memberikan kesegaran tersendiri untuk memulai hari, termasuk ibu menyusui. Namun, sebenarnya masih amankan kopi untuk menyusui dan adakah pengaruhnya ke ASI?

Apalagi sebagai busui dengan jadwal menyusui selama 24 jam, kopi bisa menjadi candu. Banyak ibu menyusui yang merasa kopi menjadi satu-satunya hal yang dapat menopang tubuh mereka setelah malam panjang menyusui. 

Secangkir kopi memang dapat menjadi penolong kantuk sekaligus minuman yang bisa membuat tubuh seakan fresh kembali. Namun, banyak ibu menyusui yang mungkin merasa ragu dan khawatir akan pengaruh kopi, terutama kandungan kafeinnya, yang bisa saja mengalir melalui ASI mereka. 


Memang ya, Bunda, mengonsumsi kafein saat menyusui merupakan kekhawatiran yang banyak dirasakan semua ibu menyusui. Tetapi ternyata menurut penelitian, Bunda menyusui masih bisa kok menyeruput kopi, tapi tentu dalam takaran yang sesuai. 

Sebenarnya, Bunda memang tidak perlu berhenti minum kopi saat menyusui. Mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang tidak akan menghasilkan efek negatif pada Bunda maupun Si Kecil. Adapun kopi dalam jumlah sedang umumnya dianggap dua hingga tiga cangkir atau setara dengan 8 ons per hari.

Seperti minuman lain yang mengandung kafein, yakni soda dan cokelat, kopi juga memiliki kadar yang bervariasi. Jenis biji kopi dan durasi penyeduhan dapat menentukan berapa banyak kafein dalam setiap cangkirnya. 

Sebagian besar dokter dan ahli pun merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari 300 miligram kafein per hari saat menyusui. Jumlah 200-300 miligram (setara dua cangkir kecil kopi) dianggap dalam zona aman, seperti dikutip dari laman Freshlymoms.

Faktanya, ASI sendiri pun mengandung kafein dalam jumlah sedikit. Maka itu, ibu menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi kopi dan produk lain yang mengandung kafein. Namun, hanya 0,06 hingga 1,5 persen dari kafein yang dikonsumsi ibu diyakini dapat mencapai bayi yang disusui.

Juga, tidak ada bukti yang menunjukkan kafein bisa menurunkan produksi ASI. Namun bila Bunda minum kopi melebihi kadar yang disarankan, tentu akan berpengaruh pada bayi. 

"Tingkat kafein dalam ASI mencapai puncaknya satu hingga dua jam setelah konsumsi,"ujar Anita Arora, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang benarkah kopi bisa mencegah kejang pada anak?

[Gambas:Video Haibunda]



IBU MENYUSUI MINUM KOPI, SIMAK 4 PANDUAN BERIKUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!