sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ini Bukti Ilmiah ASI Mampu Cerdaskan Otak Bayi hingga Ia Dewasa

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 08:15 WIB
Anak pintar caption

Jakarta - Apakah menyusui benar-benar membuat bayi lebih cerdas atau sekadar mitos belaka? Faktanya, Bunda, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang diberikan ASI akan menjadi lebih cerdas jika dibandingkan bayi yang tidak menyusui.

Jadi bukan sekadar mitos, pengaruh ASI terhadap kecerdasan otak memang terbukti secara ilmiah. Maka itu, tetap semangat menyusui ya Bunda. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak penjabarannya berikut ini, ya. 

Benarkah menyusui dapat meningkatkan IQ?

Para peneliti menunjukkan bahwa bayi yang setidaknya menyusu selama satu tahun akan tumbuh menjadi jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan bayi yang tidak menyusu.


Salah satu studi menunjukkan bahwa menyusui membantu otak berkembang lebih baik. Namun, penelitian ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa yakni meneliti bayi yang baru lahir hingga berusia 30 tahun untuk melihat bagaimana realisasinya dalam kehidupan.

“Studi kami memberikan bukti pertama bahwa menyusui yang berkepanjangan tidak hanya meningkatkan kecerdasan hingga setidaknya usia 30 tahun, tetapi juga berdampak baik pada tingkat individu dan masyarakat dengan meningkatkan pencapaian pendidikan dan kemampuan menghasilkan,” kata Dr Bernardo Lessa Horta, dari Federal University of Pelotas di Brasil, dikutip dari Today.

Penelitian tersebut telah mengikuti hampir 6.000 bayi yang lahir di Pelotas, Brazil, pada 1982. Kemudian, ketika 3.500 dari mereka berusia sekitar 30 tahun, mereka diberi tes kecerdasan dan ditanya tentang penghasilan mereka.

“Peserta yang disusui selama 12 bulan atau lebih memiliki skor IQ yang lebih tinggi (selisih 3,76 poin), lebih banyak tahun pendidikan dan pendapatan bulanan lebih tinggi daripada mereka yang disusui kurang dari 1 bulan,” tulis Dr Bernardo.

Menyusui memang tidak mungkin secara ajaib mengubah seorang anak menjadi cerdas, penelitian yang berbeda telah menunjukkan berulang kali bahwa anak-anak yang menyusui cenderung memiliki tingkat IQ setidaknya sedikit lebih tinggi daripada mereka yang tidak diberikan ASI.

ASI mengandung sejumlah nutrisi yang membantu perkembangan otak Si Kecil. Nutrisi tersebut di antaranya protein, enzim, taurin, dan asam amino.

Selain dapat meningkatkan IQ Si Kecil, menyusui juga membantu menciptakan ikatan cinta yang kuat antara Bunda dan Si Kecil, yang tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan mental, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan diri dan harga diri.

Lalu, apa saja manfaat ASI yang lainnya untuk bayi? Simak halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang 3 buah yang mampu mencerdaskan Si Kecil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT ASI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!