sign up SIGN UP search


menyusui

Apa Saja Dampak Bila Kulit Pipi Bayi Terkena ASI?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 15 Jan 2022 16:01 WIB
Close up woman breastfeeding baby at home. Ilustrasi bayi menyusu/Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Korneeva

Jakarta - Saat menyusui, cipratan ASI kerap mengenai beberapa bagian kulit bayi. Saat menyusui, bagian tubuh Si Kecil yang paling sering terkena ciprat pastinya adalah pipinya.

Tak sedikit Bunda menyusui yang merasa khawatir kalau ASI yang mengenai bayi dapat menyebabkan iritasi di kulit. Tidak sekadar risiko kulit belang, tetapi juga ruam dan jerawat kecil bisa muncul.

Ya, bayi memang cenderung memiliki kulit yang sangat lembut dan halus. Itulah sebabnya, saat ruam muncul di kulit mereka, Bunda pun langsung panik. Apalagi, dalam kondisi tersebut biasanya bayi jadi lebih rewel dan sering menangis karena merasa tidak nyaman.


Ruam susu atau dermatitis atopik biasanya berupa bintik-bintik merah pada pipi bayi. Banyak yang mengira bahwa munculnya ruam susu pada bayi merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh cipratan ASI.

"Karena kulitnya yang sensitif, bayi memang rentan terhadap ruam atau iritasi," ujar Dr Rashmi Sriram, seorang dermatologist, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Biasanya, ruam pada wajah bayi memang tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Termasuk, saat ruam muncul karena terkena ASI. Meski demikian, jika ruam yang muncul pada wajah Si Kecil semakin banyak tentunya ini bisa mengindikasikan kondisi yang serius ya, Bunda.

Banner Shio Paling Cuan 2022Banner Shio Paling Cuan 2022/ Foto: HaiBunda/Mia

Bunda juga diharapkan memeriksakan kondisi tersebut ke dokter jika memang semakin mengkhawatirkan dan membuat Si Kecil gelisah dan tidak nyaman. Biasanya, saat Si Kecil makin rewel karena kondisi ruam di wajahnya tersebut, mereka jadi lebih rewel dari biasanya ya, Bunda.

Karena itu, Bunda pun perlu memerhatikan dengan saksama jika bayi memang mengalami ruam akibat pipi bayi terkena ASI. Biasanya nih, Bunda, ruam akan menandakan adanya perubahan kulit secara umum baik kemunculan jerawat ataupun kulit kemerahan hingga bintik putih di area wajah. Sehingga, Bunda dapat memeriksanya secara detail agar bayi tetap aman selama menyusu.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang tips atasi ruam popok ala Carissa Putri di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AMANKAH BILA PIPI BAYI TERKENA ASI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!