sign up SIGN UP search

menyusui

Cara Menghadapi Beragam Komentar Julid saat Menyusui Bayi, Tetap Kuat ya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 07:10 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in public while sitting in a cafe with her mother caption
Jakarta -

Saat menyusui, Bunda mungkin akan mendapatkan perhatian dari keluarga, rekan, dan sahabat. Tak jarang, beberapa mungkin akan memberikan komentar yang berupa pujian, saran, kritik, atau sekadar pendapat yang bisa membuat Bunda down alias komentar julid.

Misalnya saja komentar seperti, "Kok, kurus anaknya? ASI-nya sedikit ya? Anaknya masih nangis tuh, ASI-nya sedikit ya? Kenapa dipompa? Nanti ASI-nya kering." Komentar seperti itu tentu bisa menggoyahkan hati seorang busui sehingga ia menjadi berkecil hati dan sedih.

Meski begitu, Bunda sebaiknya tetap kuat dan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk Si Kecil ya. Lalu, bagaimana cara menghadapi beragam komentar tak menyenangkan tersebut?


Menghadapi komentar julid saat menyusui

Menyusui merupakan cara alami dan memiliki manfaat yang dilakukan Bunda untuk menjalin ikatan dengan bayinya. Namun, terlepas dari manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, banyak dari Bunda yang menerima beragam komentar.

Melansir dari laman Medela.us, terdapat beberapa tips bagaimana menghadapi komentar negatif saat menyusui.

1. Ingat manfaat menyusui

Saat dihujani komentar julid, Bunda harus ingat bahwa menyusui memiliki manfaat. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama pada kehidupan Si Kecil. Tetap lanjutkan selama itu saling menguntungkan bagi ibu dan bayi.

Menyusui memiliki manfaat yang luar biasa, seperti meningkatkan sistem kekebalan bayi, mencegah penyakit umum dan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Mengingat manfaat menyusui akan membantu Bunda menghadapi semua komentar tak menyenangkan tersebut.

Sedangkan komentar negatif hanya bersifat sementara dan akan cepat berlalu. Jadi saat Bunda merasa putus asa, ingatlah bahwa dengan menyusui berarti ibu sedang memberikan nutrisi terbaik untuk Si Kecil.

2. Temukan komentar yang membangun

Bunda memiliki banyak pilihan dalam bagaimana merespons berbagai komentar orang. Fokus saja pada komentar yang membangun dan mendukung Bunda sehingga membuat diri merasa nyaman ya.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu cara bagaimana menghadapi komentar negatif menyusui lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 kondisi ibu menyusui yang membutuhkan konselor laktasi:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGHADAPI KOMENTAR NEGATIF TENTANG MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!