sign up SIGN UP search


menyusui

Doa agar Bunda Merasa Tenang dan Anak Tak Rewel saat Disapih

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 27 Apr 2022 07:10 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Jakarta - Memutuskan untuk menyapih anak bisa membuat perasaan Bunda menyusui campur aduk. Apalagi, usai disapih seringnya anak jadi lebih rewel daripada biasanya. Nah, agar Bunda bisa menyapih dengan yakin dan tenang, simak yuk doa yang bisa dipanjatkan saat menyapih Si Kecil.

Setelah memberikan ASI selama dua tahun, masa penyapihan pun menjadi momen tersulit bagi para busui. Acap kali, busui jadi enggak tega ingin melepaskan buah hatinya lulus ASI.


Enggak jarang, tak sedikit Bunda yang jadi baper saat ingin menyapih anak. Berbagai alasan pun melatarinya ya, Bunda. Khawatir anak jadi rewel ataupun anak jadi tiba-tiba sakit karena tak lagi menyusu hingga kekhawatiran bonding tak lagi terjadi pun berkecamuk jadi satu.

Hal ini memang wajar kok, Bunda. Karena menyusui selama dua tahun menjadi hal yang tak mudah dilepaskan begitu saja. Keterikatan antara Bunda dan juga Si Kecil memang begitu tinggi karena hampir 24 jam bersama.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Bunda enggak perlu khawatir mengenai hal ini ya, Bunda. Karena, menyapih sendiri tak berarti memisahkan Bunda dan Si Kecil. Meskipun proses menyapih anak tidaklah mudah, dengan kesabaran dan proses yang bertahap, penyapihan anak akan berjalan lancar.

Terkait dengan proses menyapih, memang tak jarang membuat anak jadi rewel dan manja. Tetapi, enggak berarti Bunda jadi mundur karena kekhawatiran tersebut. Hanya butuh waktu kok Bunda serta dukungan dari lingkungan sekitar untuk membuat proses menyapih anak ini sukses dilakukan.

Menyapih AnakDoa agar Bunda Merasa Tenang dan Anak Tak Rewel saat Disapih/ Foto: iStock

Walaupun sedianya proses menyapih perlu usaha yang cukup tinggi, hal ini akan terasa mudah saat Bunda bersabar melewati prosesnya. Secara perlahan, anak-anak juga akan terbiasa tanpa ASI. Hanya saja, sebaiknya Bunda mempersiapkan proses tersebut dengan sebaik mungkin dan terencana.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang 5 tanda Si Kecil siap disapih:

[Gambas:Video Haibunda]



BUSUI LEBIH TENANG, SIMAK DOA SAAT MENYAPIH ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!