sign up SIGN UP search

menyusui

Dea Ananda Akui Tetap Happy Meski BB Naik 4 Kg selama Menyusui

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 10:45 WIB
PENYEBAB IBU MENYUSUI SEMAKIN GEMUK
Dea Ananda caption

3. Busui kurang tidur

Kurang tidur memang dialami hampir sebagian besar busui. Dan hal ini tentunya tidak berefek baik untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Penelitian secara konsisten menunjukkan ketika kurang tidur, terjadi peningkatan hormon lapar dan penurunan hormon kenyang yang menyebabkan nafsu makan melonjak.

4. Stres

Ketika busui kurang tidur, nyeri pasca persalinan, tantangan bayi baru lahir, perubahan hormon, dan sesi belajar menyusui yang tak mudah tentunya membuat stres muncul.


Tidak mengherankan, para peneliti menemukan stres hidup secara keseluruhan terutama pada busui merupakan faktor risiko yang signifikan untuk retensi berat badan.

Banner Berat Badan Bayi

5. Efek suplemen atau obat-obatan

Tidak semua perjalanan menyusui mulus dilalui ya, Bunda. Sering kali pasokan ASI yang rendah membuat Bunda membutuhkan suplemen ataupun obat-obatan untuk membantu meningkatkan suplai ASI.

Sayangnya, ketika busui mengonsumsinya biasanya akan menjadi sangat lapar dengan cepat. Sehingga, sesi makan pun terjadi sepanjang waktu. Tidak mengherankan, penambahan berat badan menjadi efek samping dari suplemen atau obat-obatan tersebut pada busui.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!