sign up SIGN UP search

menyusui

5 Penyebab Tubuh Ibu Menyusui Makin Gemuk, Bisa Juga karena Kurang Tidur

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 19 Feb 2022 11:10 WIB
Adorable baby boy sitting on bed and looking at yawning tired mother caption

Jakarta - Mungkin Bunda pernah mendengar kisah dari Bunda lain yang menceritakan pengalaman mereka mengalami penurunan berat badan selama menyusui. Hmm.. tapi kok hal itu tidak berlaku untuk Bunda sediri ya?

Bukannya semakin ramping, menyusui malah membuat Bunda mudah lapar dan akhirnya berat badan pun malah bertambah. Sebenarnya menyusui itu memang mampu turunkan berat badan atau tidak sih? Simak penjelasannya yuk.

Menyusui memang memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Tetapi, tampaknya memang tidak membantu Bunda menurunkan berat badan lebih cepat setelah kehamilan, terutama para ibu baru.


Temuan ini berasal dari peneliti Karen Wosje, PhD, dan Heidi Kalkwarf, PhD, RD dari Cincinnati Children Hospital Medical Center, seperti dikutip dari laman WebMD.

Pasangan tersebut mempelajari data dari total 326 ibu baru untuk melihat apakah menyusui membuat perbedaan dalam menurunkan berat badan atau lemak tubuh.

Studi sebelumnya tentang topik tersebut telah bertentangan, meninggalkan efek menyusui pada berat badan dan lemak tubuh tidak jelas. Pertama, Wosje dan Kalkwarf berfokus pada ibu baru selama penelitian enam bulan yang mengamat perubahan tubuh setelah melahirkan.

"Pada ibu yang pertama kali melahirkan, komposisi tubuh dapat berubah dengan cepat setelah melahirkan. Dalam enam bulan pertama setelah melahirkan, penelitian kami menemukan 81 ibu yang tidak menyusui kehilangan lemak dari seluruh tubuh, lengan, dan kaki mereka lebih cepat daripada 87 ibu menyusui," katanya.

Banner Jojo Keong RacunBanner Jojo Keong Racun/ Foto: HaiBunda

Selain itu, wanita menyusui juga mendapatkan banyak lemak di lengannya. Perubahan komposisi tubuh ditentukan dengan mencitrakan seluruh tubuh dan menentukan massa lemak dan otot.

Namun, kedua kelompok kehilangan berat badan pada tingkat yang sama dan penurunan berat badan tidak dipengaruhi oleh menyusui. Semua ibu kehilangan sebagian lemak di tubuhnya tetapi tingkat kehilangan lemak yang berbeda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang waktu terbaik busui untuk menurunkan berat badan:

[Gambas:Video Haibunda]



 

BB ENGGAK TURUN-TURUN, KETAHUI PENYEBAB BUSUI MAKIN GEMUK, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!