sign up SIGN UP search

menyusui

3 Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula, Bisa Bikin Bayi Obesitas

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 13:10 WIB
Little infant baby lying on mothers hand drinking milk from bottle. Newborn baby drinking milk from bottle. Cute toddler with milk bottle on leg of mother. caption
Jakarta -

Dampak pemberian ASI diselingi susu formula tentu saja perlu diwaspadai ya, Bunda. Apalagi, kebutuhan makanan bayi yang utama dan paling bernutrisi hanyalah ASI semata.

Konselor laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang, dr Sarah Audia mengatakan sebenarnya susu formula merupakan pilihan makanan bayi yang terakhir. Jadi, secara hierarki dari atas berdasarkan rekomendasi WHO bahwa makanan dan minuman satu-satunya untuk bayi itu pertama ialah ASI dari ibunya langsung melalui direct breastfeeding.

Kemudian, yang kedua itu kalau memang ternyata tidak memungkinkan ASI atau bayinya mengalami masalah pertumbuhan, ada indikasi medis, masuklah ASI perah dari ibunya sendiri. Yang ketiga, ketika ASI perah ibunya tidak ada atau tidak mencukupi barulah dapat menggunakan ASI donor. Kalau ASI donornya tidak ada dan tidak terstandar baru terakhir sekali itu susu formula.


Dampak pemberian ASI diselingi susu formula 

"Susu formula itu kaya obat, cuma bisa diresepin sama dokter dan itu sesuai alasan medisnya. Jadi, enggak bisa tebak-tebakan dari orang tuanya mau beli karena merasa ASI-nya kurang,"ujar dr Sarah melalui pesan singkat kepada HaiBunda.

Dipaparkan dr Sarah bahwa sebaiknya sufor itu masuk sesuai dengan indikasi medis dari dokter. Jadi, kalau tidak sesuai indikasi medis memang bisa mengakibatkan masalah gangguan. "Sesuatu yang tidak berindikasi, sesuatu yang tidak sesuai dengan alasannya itu bisa mengalami suatu gangguan, salah satunya penurunan daya tahan tubuh bayi," tambahnya.

1. Mengganggu jadwal rutin menyusui

Bunda juga perlu mewaspadai bahwa ketika sufor diberikan sebagai tambahan makanan pada bayi, pada akhirnya jadwal menyusui otomatis akan berkurang ya, Bunda. Dan perlu disadari bahwa lambat laun, hal ini pun akan berdampak pada suplai ASI Bunda ke depannya yang mengalami penurunan produksi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

 Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat menyusui lebih dari 2 tahun untuk Bunda dan Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



PEMBERAN ASI DISELINGI SUSU FORMULA BISA SEBABKAN OBESITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!