sign up SIGN UP search

menyusui

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark di Payudara Busui, Bisa karena BB Naik-Turun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 21 Dec 2022 08:40 WIB
Ilustrasi Payudara caption
Jakarta -

Penyebab stretch mark di payudara seringnya tak banyak diketahui ya, Bunda. Padahal, garis-garis samar tersebut kerap muncul layaknya stretch mark di area tubuh lainnya. Nah, kira-kira apa ya, Bunda, penyebabnya dan bagaimana pula cara mengatasinya? Cari tahu lebih lanjut yuk, Bunda.

Biasanya, stretch mark dikenal muncul di perut atau pun paha. Tetapi, ada juga lho, Bunda, yang muncul di payudara. Mungkin tampak mengherankan ya, Bunda, walaupun sebenarnya banyak juga wanita yang mengalami hal sama.

Penyebab stretch mark di payudara

Dr Asfa Akhtar, seorang dermatologist mengatakan bahwa stretch mark merupakan bagian dari pertumbuhan dan seringkali memudar seiring berjalannya waktu. "Jika Bunda benar-benar ingin menghilangkannya, dokter kulit dapat mendiskusikan pilihan Bunda. Perawatan dimulai dengan terapi topikal kemudian beralih ke perawatan laser dan berbasis energi," kata Dr Akhtar, seperti dikutip dari laman Cleveanclinic.


Dijelaskan Dr Akhtar bahwa stretch mark di payudara merupakan respons fisiologis normal terhadap peregangan kulit pada kebanyakan orang. Stretch mark baru terlihat seperti garis melengkung atau garis-garis berwarna merah muda, merah atau ungu. Stretch mark yang lebih tua tampak berwarna lebih terang dan memudar seiring waktu tetapi mungkin tidak pernah hilang sepenuhnya.

Stretch mark pada payudara berkembang karena berbagai alasan dan alasan tersebut tidak sama untuk semua orang. "Dermis terletak di bawah epidermis yang merupakan lapisan atas kulit," jelas Dr Akhtar. 

Dermis sendiri memiliki kerangka jaringan ikat yang meliputi kolagen, elastin, dan fibrillin. Stretch mark dapat berkembang ketika ada perubahan pada jaringan ikat tersebut. Perubahan kulit ini dapat terjadi karena berbagai alasan di antaranya sebagai berikut:

1. Perubahan hormon

Perubahan kulit selama pubertas merupakan penyebab paling umum dari stretch mark pada payudara. Mereka berkembang ketika kulit meregang dengan cepat saat payudara berkembang. Selain itu, stretch mark pada payudara pada orang hamil saat payudara mereka membesar.

2. Genetika

Beberapa orang secara genetik cenderung mengembangkan stretch mark. Jadi, coba cek kembali riwayat di keluarga Bunda karena memang faktor ini bisa menjadi penyebabnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips mencegah stretch mark saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



7 PENYEBAB STRETCH MARK DI PAYUDARA & CARA MENGATASINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!