menyusui

Pentingnya Jaga Penampilan Buat Bunda yang Lagi Menyusui

Radian Nyi Sukmasari 08 Agu 2017
Ilustrasi jaga kecantikan saat menyusui/ Foto: thinkstock Ilustrasi jaga kecantikan saat menyusui/ Foto: thinkstock
Jakarta - Lagi menyusui memang bisa bikin kita lebih fokus ke si kecil ya. Tapi, bukan berarti nggak penting buat kita menjaga penampilan lho, Bun. Sebab, penampilan kita yang terjaga juga berdampak baik kok buat proses menyusui.

Menjaga penampilan di sini bisa sesimpel menjaga kebersihan wajah misalnya. Jadi, walau lagi menyusui, kita tetap rajin membersihkan muka pakai sabun pencuci wajah yang dijual di pasaran. Aman nggak pakai sabun pencuci wajah kayak gitu? Tenang, kata konselor laktasi dari Bunda International Clinic, dr Yolanda Safitri, MPH, produk yang dijual bebas pastinya udah melewati uji keamanan.

Apalagi kalau dijual bebas kan berarti semua orang bisa pakai nih, termasuk juga bunda yang lagi menyusui. Apalagi, produk sabun cuci muka juga nggak kayak obat di mana ada kontraindikasi misalkan nggak boleh dipakai oleh ibu yang lagi menyusui. Maka dari itu, kalau Bunda mau pakai sabun cuci muka untuk menjaga kebersihan muka, kata dr Yola nggak apa-apa.

"Nggak apa-apa kalau cuma cuci muka aja. Kan menyusui harus tetap cantik. Beda kalau bundanya pakai krim dokter, mungkin ada kandungan yang mesti diperhatikan. Tapi biasanya dokter spesialis kulit juga udah tahu ya," kata dr Yola waktu ngobrol sama HaiBunda.

Tapi, kita perlu ingat nih, cari sabun pencuci muka yang memang cocok ke kulit wajah ya. Nah, ketika ibu menyusui menjaga penampilannya, minimal menjaga kebersihan wajahnya, ini bisa berefek pada ibu yang merasa dirinya cantik, bersih, dan percaya diri.

Ketika itu terjadi, ibu menyusui bisa percaya diri dan tubuh pun merilis hormon endorfin (hormon bahagia) yang bisa berpengaruh ke produksi ASI. Apalagi kalau si ayah juga memuji penampilan kita, tubuh juga bakal merilis hormon oksitosin (hormon cinta) deh. Seperti diketahui, hormon oksitosin juga bisa memperlancar produksi ASI lho.

Sebaliknya, kalau ibu menyusui tampil kucel, nggak nyaman, kata dr Yola itu juga nggak bagus. Ditambah mood yang nggak baik, wah produksi ASI Bunda bisa berkurang deh. "Ibu menyusui pun harus tetap cantik lho," ujar dr Yola.

Kalau Bunda, apa yang dilakukan untuk tetap jaga penampilan selama menyusui? Yuk bagikan ceritanya di kolom komentar. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi