menyusui

Saat Menyusui Pertama Kali Tak 'Sesempurna' Foto di Instagram

Radian Nyi Sukmasari 18 Agu 2017
Saat Menyusui Pertama Kali Tak Sesempurna Foto di Instagram/ Foto: Thinkstock Saat Menyusui Pertama Kali Tak 'Sesempurna' Foto di Instagram/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Masing-masing ibu punya pengalaman saat menyusui si kecil pertama kali. Ada yang merasa mudah aja, tapi ada juga yang merasa kesulitan dan realitanya pun nggak seperti kebanyakan foto yang kerap diposting di medsos, seperti instagram.

Kendala pas menyusui pertama kali juga dialami sama ibu dua anak bernama Angela Burzo. Bulan lalu, Angela melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Aylee. Sejak saat itu, perjuangan memberi si kecil ASI pun dimulai. Kata Angela, dia senang sekali kalau melihat foto, terutama di medsos ketika seorang ibu menyusui bayinya dengan nyaman, pakai apron, dan tersenyum ke arah bayinya. Belum lagi kalau tangan si ibu bisa pegangan sama tangan si bayi.

Baca juga: Puting Lecet Saat Menyusui? Tenang, Bunda Nggak Sendiri

"Tapi itu bukan realita saya saat ini. Saya tak bisa menyembunyikan perjuangan saya saat menyusui. Apakah bayi saya tidak melakukan pelekatan dengan baik, apa saya yang tidak memproduksi ASI yang cukup, apakah ada masalah pada puting saya. Apapun itu, tapi inilah perjuangan saya," kata Angela dalam keterangan foto yang diunggah di akun instagramnya @burzolife.

Hari itu, lanjutnya, nggak ada tidur siang tapi Angela tetap berusaha untuk bisa menyusui. Kata Angela, memang kenyataannya proses dia menyusui Aylee untuk pertama kali seperti itu dan dia berusaha menikmatinya. Kepada Today, Angela bilang di luar sana cukup banyak ibu yang punya foto yang terlihat sempurna pas menyusui anaknya dan mereka kelihatan sangat damai.

"Tapi untuk saya saat itu, belum terjadi. Maka dari itu, saya ingin mengabadikan momen realita yang memang saya alami," kata Angela yang tinggal di Florida ini.

Sampai saat ini, foto apa yang dialami Angela saat menyusui bayinya mendapat like dari lebih 7.000 netizen. Mayoritas netizen juga memberi dukungan ke Angela supaya nggak putus asa dalam menyusui si kecil. Ya, semuanya memang butuh proses ya, Bun. Beberapa hari setelah memposting foto itu, Angela kembali memposting fotonya saat menyusui.

Baca juga: Sering Melakukan Hal Lain Saat Menyusui? Bunda Nggak Sendirian Lho

Bedanya, Angela menyusui di ruangan dokter kandungan pas dia mengecek luka operasi caesarnya. Saat itu, kata Angela proses menyusuinya udah nggak sakit lagi. "Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung saya dan mau berbagi dengan saya," ujarnya.

Di awal menyusui memang bisa ada kendala yang kita alami ya. Apalagi, seperti kata konselor laktasi dari Sentra Laktasi Indonesia, dr Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI, proses menyusui adalah proses belajar. Apalagi di awal, bisa jadi pelekatan bayi belum pas. Ditambah kondisi ibu yang stres dan fisiknya belum pulih, proses menyusui jadi lebih sulit dilakukan.

"Untuk itu, dukungan dari pasangan juga keluarga penting banget. Kalau ibu menemui kendala saat menyusui, jangan segan juga minta bantuan profesional misalnya konselor laktasi atau dokter," kata dr Hikmah.

Baca juga: Awalnya ASI Sedikit, Siapa Sangka Sampai Bisa Didonorkan

[Gambas:Instagram]



(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi