menyusui

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil

Melly Febrida 14 Feb 2018
Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: Nurvita Indarini Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Memberi air susu ibu (ASI) untuk si kecil itu nggak semudah membalik telapak tangan. Ada berbagai tantangan yang harus ditaklukkan. Dan untuk menaklukkannya, butuh banget dukungan dari suami tercinta.

Nah, para suami tercinta, ini nih hal-hal romantis yang bisa dilakukan untuk istrinya yang sedang menyusui si kecil.

1. Bawakan Minum

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: iStock


Nggak harus membawa seikat bunga yang cantik kok, Sayang, untuk membuat istrimu merasa diromantisin saat sedang menyusui. Ya, suami peka pada kebutuhan istri saja sudah terasa romantis. Dan itu sesimpel membawakan istri minum. Demikia dikutip dari Romper.

Soalnya ibu yang menyusui itu gampang banget haus. Jadi kalau para suami melihat sang istri menyusui tanpa segelas air di sisinya, maka keromantisan bisa diwujudkan dalam bentuk memberikan segelas air dingin yang menyegarkan.

2. Memijat

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: thinkstock


Menyusui itu butuh rileks. Nah, biar istri rileks sehingga ASI lebih lancar, coba deh suami memijat lembut tubuh istri tanpa diminta. Biasanya punggung dan pundak nih yang lebih capek. Tapi kalau mau memijat tangan dan kaki boleh saja, istri juga senang kok, hi-hi-hi.



3. Pakai Kontrasepsi

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Memang sih, menyusui bayi secara eksklusif bisa menjadi alat kontasepsi alami. Tapi dengan catatan, ibu menyusuinya belum mendapatkan periode menstruasinya lagi ya, Bun.

Tapi meski begitu, kalau belum ingin tambah momongan, suami bisa melakukan hal romantis dengan menggunakan alat kontrasepsi sebelum berhubungan intim ya.

4. Memasak

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: Istimewa


Menyusui itu butuh energi yang nggak sedikit, jadi butuh asupan yang memadai. Nah, hal romantis yang bisa suami lakukan adalah dengan memasak dan menyiapkan makanan untuk istrinya. Wah, ini sepertinya bisa jadi ASI booster deh.

5. Membelikan Cokelat

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: thinkstock


Para suami nggak ada salahnya diam-diam membelikan cokelat yang mengandung fenugreek, ramuan yang diketahui bisa meningkatkan produksi ASI.

6. Menyiapkan Air Mandi Buat Istri

Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/Dear Suamiku, Hal Romantis Ini Bisa Dilakukan Saat Aku Menyusui si Kecil/ Foto: thinkstock


Saat menyusui, waktu seorang ibu untuk menikmati diri sendiri itu sepertinya sulit. Cobalah para suami menggendong si kecil selama setengah jam dan biarkan istri bersantai sejenak saat mandi.

Jadi nih, suami bisa menyiapkan air hangat buat istri. Bila ada bathtub di rumah, mungkin suami bisa menaburkan bunga atau essensial oil agar sesi mandi terasa berbeda. Bisa juga tuh dinyalakan lilin dan diputarkan musik yang menenangkan. Menikmati sesi mandi bisa jadi me time yang menyenangkan lho buat istri.



Alison McFadden dan rekan-rekannya dari Mother and Infant Research Unit, University of Dundee, Inggris, melakukan penelitian untuk melihat bentuk dukungan apa yang bisa meningkatkan peluang kesuksesan pemberian ASI eksklusif ibu menyusui. Hasil penelitian mengungkap dukungan, apapun bentuknya, sangat membantu ibu menyusui, Bun.

"Dukungan yang baik bisa membantu ibu memberikan ASI eksklusif sekaligus memperpanjang masa menyusui bayi," tuturnya, dikutip dari Reuters. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi