menyusui

Mengatasi Puting yang Terasa Perih Setelah Menyusui

Radian Nyi Sukmasari 19 Agu 2018
ilustrasi puting perih setelah menyusui/ Foto: Thinkstock ilustrasi puting perih setelah menyusui/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat menyusui, ada beberapa keluhan yang bisa ibu alami. Salah satunya puting terasa perih setelah menyusui. Duh, pasti puting yang perih bikin menyusui nggak nyaman ya, Bun. Nah, gimana sih cara mengatasi puting perih setelah menyusui?

Menurut konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Ameetha Drupadi CIMI, puting perih setelah menyusui atau puting lecet banyak faktor penyebabnya. Namun biasanya yang paling umum sebabnya adalah pelekatan si kecil saat menyusu yang kurang pas, yakni saat bayi hanya menyusu di ujung puting.

"Untuk mengatasi puting perih setelah menyusui, sebelum menyusui olesi dulu payudara dengan ASI dikit aja di bagian puting dan areola. ASI bisa sebagai disinfektan atau antiseptik alami juga sebagai pelembap. Tapi ingat, posisi pelekatan juga harus benar," kata dr Ameetha waktu ngobrol dengan HaiBunda.



Soalnya sama aja nih, Bun, ketika puting perih setelah menyusui sudah sembuh tapi pelekatan nggak dibenarkan maka kejadian puting perih akan terulang. Gimana sih pelekatan yang benar? Kata dr Ameetha pastikan Bunda dan bayi dalam posisi sedang berpelukan ketika menyusui kemudian bayi ditempel langsung ke dada.

"Bayi menghadap dada ibu, bedong dibuka. Kepala, telinga, bahu satu garis lurus. Setelah posisi ini, areola ibu dicubit sedikit dan masukkan semuanya ke mulut bayi. Sehingga mulut bayi terbuka lebar, dagu nempel ke payudara, bibir atas dan bawah dower. Itu posisi pelekatan yang benar," tutur dr Ameetha.

Jika posisi pelekatan sudah benar, bunda nggak akan merasa kesakitan. dr Ameetha menekankan menyusui nggak sakit, nggak bikin payudara bengkak atau puting perih jika posisi pelekatannya benar. Pokoknya ingat, Bun, menyusui nggak hanya di puting tapi harus sampai areola.

Sama halnya dengan bayi yang menggigit puting Bunda, dr Ameetha bilang itu berarti pelekatannya belum pas. Bahkan saat bayi tumbuh gigi pun asal pelekatannya benar dengan areola masuk semua ke mulut bayi, puting nggak akan digigit si kecil kok, Bun.

"Menyusui efektif itu berarti yang posisi pelekatan benar. Menyusu 5-20 menit aja anak sudah kenyang kok. Kalau sampai menyusu berjam-jam, evaluasi lagi gimana cara menyusuinya," ujar dr Ameetha.

Jika puting masih perih setelah menyusui padahal dirasa pelekatan sudah dibenarkan, nggak ada salahnya Bunda konsultasi dengan konselor laktasi. Semangat meng-ASI-hi ya, Bun.

(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi