sign up SIGN UP search

menyusui

Puting Busui Lecet seperti Sariawan? Ini Penyebab hingga Cara Mengobatinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 25 Jan 2023 07:45 WIB
Ilustrasi menyusui Puting Busui Lecet seperti Sariawan? Ini Penyebab hingga Cara Mengobatinya/Foto: Getty Images/iStockphoto/kdshutterman
Jakarta -

Puting lecet seperti sariawan rasanya meresahkan sekali ya, Bunda. Apalagi, rasa sakitnya bikin merem melek dan membuat menyusui jadi tidak nyaman. Yuk, cari tahu penyebab dan cara pencegahan serta mengobatinya, Bunda.

Sariawan di payudara dan puting dapat menyebabkan nyeri puting dan payduara yang kuat. Rasa sakitnya mungkin parah dan tak jarang menyebabkan ibu menyusui memutuskan untuk melakukan penyapihan dini jika kondisinya tidak diobati sesegera mungkin.

Apalagi, sariawan merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh organisme candida albicans, yang dapat terjadi pada puting atau jaringan payudara (serta tempat lain di tubuh).


Penyebab puting lecet seperti sariawan

Infeksi jamur (candidiasis) disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur Candida dan memengaruhi sekitar 75 persen orang. Sariawan pada puting juga bisa mengakibatkan areola mengelupas, pecah-pecah, dan bersinar, disertai rasa gatal dan nyeri. Ini semua merupakan gejala yang banyak dialami busui. 

"Ibu menyusui lebih rentan terhadap jenis infeksi ini ketika puting mereka retak karena trauma puting," kata Danika Severino, Wynn, C.N.M, IBCLC, seorang bidan dan konsultan laktasi di Maven seperti dikutip dari laman Parents.

Menurut La Leche League, sariawan kemungkinan menjadi penyebabnya ketika Bunda mengalami dua atau lebih dari gejala seperti nyeri puting seperti terbakar, kulit mengelupas pada puting atau areola, kulit mengkilat pada puting atau areola, payudara nyeri tanpa bintik-bintik lunak atau benjolan yang sakit, nyeri menusuk di payudara di belakang areola, dan gatal di sekitar puting dan areola.

Jika Bunda mengalami nyeri puting yang tidak hilang saat menyesuaikan pelekatan menyusui, Bunda mungkin perlu berbicara dengan konsultan laktasi untuk langkah selanjutnya yakni diagnosis dini dan pengobatan yang tepat untuk sariawan di puting dan payudara akan membantu meningkatkan pengalaman menyusui, seperti dikutip dari laman Thewomens.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 cara menggunakan nipple shield:

[Gambas:Video Haibunda]



PUTING LECET SEPERTI SARIAWAN: PENYEBAB, CARA MENCEGAH, DAN MENGOBATINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!