sign up SIGN UP search


menyusui

Minyak Kelapa Bisa Atasi Puting Lecet Ibu Menyusui, Benar Enggak Ya?

Annisa Karnesyia Jumat, 18 Dec 2020 09:20 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Puting lecet sering menjadi penyebab ibu sulit menyusui bayinya. Selain bikin enggak nyaman, puting lecet juga bisa menyebabkan rasa nyeri lho.

Kondisi ini dapat terjadi karena pelekatan bayi yang salah saat menyusu atau penguncian yang buruk saat ibu menyusui. Dilansir Healthline, bayi yang tidak melekat dengan baik saat menyusu bisa kecewa dan menggigit puting ibunya.

Selain itu, puting lecet dapat disebabkan lidah pendek pada bayi dan bingung puting. Sebelum menangani masalah puting lecet, sebaiknya ibu mencari tahu penyebab dengan berkonsultasi ke dokter atau konsultan laktasi ya.


Puting lecet bisa kok diatasi, salah satunya dengan perawatan yang benar. Beberapa ibu bahkan meyakini penggunaan minyak kelapa bisa mengatasi masalah ini lho. Penggunaannya cukup mudah, yakni minyak kelapa langsung dioleskan ke puting ibu yang lecet.

Minyak kelapa memang sering dijadikan pengganti krim pelembab untuk ibu menyusui. Lantas, apakah minyak kelapa aman digunakan untuk mengatasi puting lecet?

Konsultan laktasi, Tera Hamann, merekomendasikan penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi puting nyeri. Menurutnya, minyak kelapa adalah anti-mikroba dan anti-jamur alami.

"Jadi, minyak kelapa tidak cuma bermanfaat untuk menyembuhkan, tapi juga mencegah infeksi," kata Hamann, dilansir Romper.

Penggunaan minyak kelapa juga aman bagi si kecil yang menyusu. Jadi, Bunda tak perlu membersihkan sisa minyak kelapa yang masih menempel di puting sebelum menyusui si kecil ya.

Sementara menurut konselor laktasi Kristin Gourley, minyak kelapa bisa menyembuhkan luka dan aman digunakan saat menyusui. Bunda tak perlu lagi membasuh puting terus-menerus untuk menghilangkan sakit.

BACA HALAMAN BERIKUT untuk penjelasan lebih lanjut ya.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner tanaman hias tropisFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
Minyak Kelapa untuk Atasi Puting Lecet
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi