menyusui

Teh Herba Rumahan untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI

Melly Febrida Jumat, 01 Feb 2019 - 17.53 WIB
Ilustrasi teh herba untuk ibu menyusui/ Foto: iStock Ilustrasi teh herba untuk ibu menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Ibu menyusui pasti happy ketika produksi ASI-nya cukup untuk si kecil. Nah, untuk membantu meningkatkan produksi ASI ada ramuan teh herba yang bisa Bunda racik sendiri nih di rumah.

Medical Herbalist Paula Grainger dan Konsultan Nutrisi Karen Sullivan dalam bukunya berjudul Infuse: Herbal Teas to Cleanse Nourish And Heal menuliskan teh herba dengan fennel (adas) dan fenugreek bagus untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI).

Fennel seed bisa meningkatkan produksi ASI, Bun. Fennel seed juga bagus untuk pencernaan dan membantu mengendalikan bayi kolik. Selain itu, ada nettle untuk meningkatkan mineral penting. Paula bilang, ramuan teh ini juga menggunakan daun rasberry yang bisa membantu memperkuat rahim. Sedangkan peppermint bisa dijadikan campuran untuk kenyamanan pencernaan.

"Fennel telah terbukti bagus untuk ASI, mengurangi kolik dan gas pada bayi. Apabila ibu bisa, luangkan waktu beberapa menit saat bangun tidur untuk meminum teh," tulis Paula dan Karen.

Paula dan Karen menyadari menjadi ibu baru pastinya sibuk banget. Kalau bunda sedang menunggu waktu kelahiran bisa juga membuat 'ramuannya' dan menyimpannya dalam botol. Jadi, Bunda bisa langsung menyeduh ketika ingin meminumnya.



Atau, Bunda juga bisa menjadikan teh herba rumah ini untuk hadiah teman atau saudara yang melahirkan. Tinggal menambahkan label lucu dan instruksi menggunakan 1-2 sendok teh per cangkirnya dengan air mendidih.

Ilustrasi teh herbaIlustrasi teh herba/ Foto: iStock
Paula dan Karen berbagi bahan membuat satu mug penuh teh, yaitu:

2 sdt fennel seed
1 sdt fenugreek seed
1 sdt daun rasberry kering
1 std daun nettle kering
1/2 sdt peppermint kering

"Seduh semua bahan di teko dengan 300 ml air mendidih. Tutup teko dan biarkan selama 5-10 menit. Teh siap dikonsumsi," kata Paula.

Sementara itu, Alicia C Simpson, konsultan laktasi bersertifikat di Atlanta, mengatakan suplemen herba dan teh laktasi harus diperlakukan seperti obat-obatan, Bun. Obat ini mungkin alami tapi bukan berarti bebas efek samping.

"Kalau Bunda bingung perihal menyusui termasuk produksi ASI yang dirasa kurang banyak, harus mengonsumsi ASI booster atau tidak, ada baiknya bertemu dengan konselor laktasi. Karena, konselor laktasi bisa membantu menilai apakah ASI bunda benar-benar rendah produksinya meski umumnya wanita memproduksi ASI yang cukup kok. Kalau memang produksinya rendah, konselor bisa mencarikan solusi," tutur Alicia dikutip dari Momjunction.

Alicia juga mengingatkan supaya kita nggak sembarangan mengonsumsi fenugreek karena bisa terjadi efek samping seperti diare.

"Studi klinis mencoba mengidentifikasi dosis yang tepat yang bisa memberikan efek terapeutik serta meningkatkan produksi ASI namun buktinya masih belum meyakinkan. Untuk pasien diabetes tipe 1 atau 2, penyakit jantung atau alergi kacang-kacangan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi fenugreek," pesan Alicia.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi