MOM'S LIFE

Tips Bagi Working Mom Agar Urusan Rumah dan Kantor Sama-sama Oke

Amelia Sewaka Senin, 21 Agu 2017 - 13.10 WIB
Ilustrasi working mom/ Foto: dok pribadi Ilustrasi working mom/ Foto: dok pribadi
Jakarta - Bagi seorang ibu dewasa ini, multitalenta itu penting banget ya. Bekerja iya, mengurus rumah dan keperluan keluarga juga iya. Dan Anda semua itu hebat, Bun. Karena di tangan Bunda-bunda semua, aneka urusan bisa diselesaikan dengan baik.

Bukan perkara mudah memang ya, Bun, untuk menyeimbangkan semua hal dalam hidup. Tapi bukan berarti nggak bisa kita lakukan. Apalagi sekarang ini teknologi semakin memudahkan kita untuk menyelesaikan berbagai urusan dengan lebih cepat dan mudah.

Kesibukan menjalani peran sebagai karyawati sekaligus istri dan ibu antara lain dijalani oleh sahabat HaiBunda, Soraya Syafrida. Nggak cuma bekerja, saat ini dia juga sedang menjalani kuliah magister hukum di Universitas Indonesia.

Soraya memulai pagi dengan mengurus keperluan keluarganya. Selanjutnya mengantar Alena, anak perempuannya, ke sekolah. Selanjutnya dia akan mengantar Keenan, anak laki-lakinya, ke tempat gymnastics anak. Lalu harus bekerja dan sorenya pergi kuliah. Hmm, kebayang dong, Bun, gimana sibuknya.

"Sekarang kan sudah ada aplikasi yang bisa membantu saya belanja makanan, kebutuhan sehari-hari, bahkan mengirim barang, jadi sekarang sudah lebih mudah," kata Onya, demikian dia biasa disapa, saat ngobrol dengan HaiBunda.

Menurut Onya, dengan memesan makanan melalui aplikasi online, dirinya bisa lebih menghemat waktu. Selain itu waktu yang seharusnya digunakan untuk berbelanja dan memasak bisa digunakan untuk bermain dan bercengkerama dengan anak-anaknya.

"Nggak sampai satu jam juga makanannya sudah sampai. Paling 20 menit doang, jadi benar-benar membantu kalau saya sudah lapar banget, he he he," sambung Onya.

Kata Onya, di akhir pekan kadang dirinya lebih suka jalan-jalan atau bermain bersama anaknya. Jadi agar lebih menghemat waktu, keperluan belanja kebutuhan dapur atau perlengkapan anak seperti popok dan obat bisa menggunakan layanan di aplikasi online.

Baca juga: Kini Belanja Harian Makin Mudah dengan GO-MART

"Kadang kita bener-bener capek dan malas keluar ya dan adanya aplikasi itu membantu banget buat ibu-ibu yang banyak kegiatannya," lanjutnya. Wah, jadi tanpa batas banget ya dunia sekarang ini.

Di aplikasi yang terdapat di smartphone Onya juga terdapat layanan kirim barang. Jadi nih, kalau barangnya ada yang ketinggalan di kantor, sementara dirinya sudah pulang ke rumah, bisa minta bantuan teman di kantor untuk mengirimkan barang hanya dengan 'berbekal' jempol dan handphone.

"Saya pernah tuh, pompa ASI ketinggalan di rumah. Langsung saja minta orang rumah untuk mengirimkan, dengan memesan kurir dari aplikasi online ini. Bahkan dulu ngirim ASI ke si kecil di rumah juga bisa pakai layanan ini. Bersyukur banget bisa segampang ini," tutur Onya.

Sahabat HaiBunda lainnya, Ria, juga merasa terbantu menjalani perannya sebagai ibu bekerja karena perkembangan teknologi dewasa ini. Ketika dirinya kesiangan untuk pergi ke kantor, nggak perlu terlalu cemas karena bisa menggunakan ojek online. Di saat yang sama, ketika nggak ada uang pas atau justru kelupaan membawa dompet, Ria bisa menggunakan layanan uang elektronik.

"Pas naik ojek online itu pernah nggak bawa dompet. Tapi nggak bingung karena aku punya saldo di GO-PAY. Membantu untuk ibu-ibu yang kadang suka ketinggalan dompet kayak aku, ha ha ha," cerita Ria.

Kini kehadiran putri kecilnya membuat Ria nggak sebebas dulu mau belanja kebutuhan bulanan. Apalagi sang suami sering dinas ke luar kota. Karena itu dia lagi-lagi harus mengandalkan layanan belanja online dalam aplikasinya.

Baca juga: Asyiknya, Me Time di Rumah dengan Pijat-pijat

"Misalnya nih mau belanja buah. Repot banget kalau harus bawa bayi. Selain itu rumah aku di dalam kompleks, agak jauh kalau mau jalan ke depan untuk naik angkot ke toko buah. Jadinya ya belanja pakai aplikasi online aja," tambah Ria.

Sama seperti Onya, Ria sering kali memilih punya quality time dengan putrinya yang masih berusia enam bulan. Jadi ketika weekend tiba dan mbak asisten rumah tangga (ART) libur, dirinya memilih untuk order makanan, lagi-lagi melalui aplikasi online.

"Lumayan banget ya menyimpan energi untuk dialokasikan ke hal lain, misalnya main-main sama anak. Di tengah banyak hal yang bikin stres, ternyata ada hal-hal yang kalau dimanfaatkan bisa bantu banget mengurangi stres kita," ucap Ria.

*) Artikel ini merupakan kerjasama HaiBunda dengan GO-JEK. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi