MOM'S LIFE

'Perut Kembali Rata Setelah Melahirkan Tak Semudah yang Dibayangkan'

Asri Ediyati 04 Sep 2017
Foto: Instagram/ @krisrosulli Foto: Instagram/ @krisrosulli
Jakarta - Semua ibu pasti berangan-angan, kalau setelah melahirkan, perut bisa kembali rata. Bener nggak, Bun?

Tapi, ibu yang satu ini agak berbeda. Lewat curhatannya di Instagram, Kristen Sullivan bilang kalau nggak semua ibu setelah melahirkan perutnya bisa langsung rata. Nggak cuma itu, Kristen juga memposting foto di Instagram sambil menunjukkan perutnya. Rupanya sekitar 5 minggu yang lalu, Kristin yang tinggal di Long Island, New York, Amerika Serikat ini melahirkan putra keduanya, Gavin.

Pada 20 Agustus lalu, 3 minggu setelah melahirkan anak keduanya, Kristen mengunggah foto dirinya dengan memperlihatkan bentuk perutnya. Lewat foto itu, Kristen mau memberi pandangan baru mengenai postpartum ke followersnya. Foto yang diunggah Kristen merupakan foto kolase sebelum dan sesudah ia melahirkan.

Di foto bagian kiri (sebelum), terlihat potret tubuhnya 3 hari sebelum melahirkan lalu bagian kanan (sesudah) potret postur tubuhnya setelah 3 minggu melahirkan. Dan ternyata cukup bikin kaget Bun, karena perutnya masih besar dan bulat.

Baca juga: 'Tulisan Itu Ubah Pandanganku Soal Perubahan Bobot Pasca Melahirkan'

"Saya menceritakan ini untuk menunjukkan ke para ibu, tak ada jaminan kalau kita memang kurus, makan yang sesuai aturan dan berolahraga saat hamil, perut kita akan kembali rata. Terkadang, saat hamil, tubuh kita sendiri yang bisa tumbuh besar di luar kuasa kita dan tak mudah kembali rata dalam waktu 3 minggu," tulis Kristen di Instagram-nya.

Kristen menambahkan, kalau ia pikir ia mengalami diastasis recti, kondisi di mana otot perut terpisah atau terbelah selama kehamilan. Hal tersebut yang menyebabkan para ibu yang mengalaminya akan terlihat seperti masih hamil meskipun sudah lama melahirkan.

"Saya belum berencana, setelah 6 minggu postpartum nanti apakah akan pergi terapi fisik untuk mengembalikan otot perut atau tidak. Yang jelas sekarang ini, saya biarkan perut saya 'bernapas' dulu. Kalian lihat nggak seberapa melarnya perut saya saat hamil? Mengembalikan kondisi perut seperti semula tidak seperti balapan lari siapa yang mencapai 'finish' duluan, tapi kita semua, para ibu, bisa kok perutnya rata seperti sebelum hamil," kata Kristen.

Foto di Instagramnya kini mendapati ribuan likes dan komentar yang positif dari para Instagrammer.

[Gambas:Instagram]



Baca juga: Cerita Wanita 34 Tahun yang Bisa Hamil dalam Satu Siklus Kesuburan

Mengenai diastasis recti, Bun, kita bisa mengetahuinya dengan cara merebahkan tubuh, tapi posisi lutut ditekuk dan kaki menyentuh lantai. Lalu, raba bagian perut dengan arah vertikal, melintasi pusar. Apabila dirasa terbelah, kemungkinan kita mengalami diastasis recti.

"Olahraga yang tepat untuk ibu dengan kondisi diastasis recti bisa dengan cara menarik otot perut seperti abdominal compressions, pelvic tilts, toe taps, heel slides, dan single-leg stretches. Hindari mengangkat beban karena malah membuat otot perut membengkak, bukan menyatu ," kata Helene Byrne, ekspert di bidang prenatal dan kesehatan postpartum serta fitness, dikutip dari Parents. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi