MOM'S LIFE

Ini Soal Prinsip Uang Suami Uang Istri, Uang Istri Punya Istri

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 28 Feb 2018 - 12.07 WIB
Ini Soal Prinsip Uang Suami Uang Istri, Uang Istri Punya Istri/ Foto: Muhammad Ridho Ini Soal Prinsip Uang Suami Uang Istri, Uang Istri Punya Istri/ Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Bicara soal keuangan pasca menikah emang nggak ada habisnya ya, Bun. Termasuk yang sering banget saya dengar ketika suami dan istri bekerja yaitu 'uang suami uang istri tapi uang istri ya uang istri'. Hmm, Bunda termasuk yang setuju dengan prinsip ini?

Kalau ngomongin prinsip ini, Bun, saya dan teman-teman bisa nggak habis-habis bahasnya he-he-he. Ada yang setuju bahkan mendukung banget, ada yang kurang setuju. Hmm, saya pun iseng minta pendapat financial planner Nurfitriavi Noeriman yang akrab disapa Fitri.

Memang, penerapan prinsip ini kembali lagi pada keputusan masing-masing pasangan. Tapi, kalau dilihat dari segi perencanaan keuangan, Fitri berpendapat sah-sah aja kalau semua kebutuhan rumah tangga dicover suami sehingga gaji istri 'bebas' dipakai untuk apa saja.

Namun, menurut Fitri bakal lebih bijak kalau istri bebas menggunakan penghasilannya, minimal ditujukan lagi buat keluarga. Berangkat dari pengalamannya, kata Fitri, ada istri yang biaya rumah tangganya dicover suami dan dia bisa memakai gajinya semaunya. Tapi buat apa? Ya, namanya cewek ya, Bun, he-he-he. Uang itu dipakai buat membeli barang-barang branded.



"Kalau menurut saya, kalau uang ini nggak dipakai, ya ditabung deh buat liburan bareng, buat nanti nambah-nambahin sekolah anak kek. Ke hal-hal yang mungkin bukan yang utama di keluarga," kata Fitri waktu ngobrol sama HaiBunda.

Atau, Fitri mencontohkan di keluarganya untuk liburan bersama anak-anak maka uangnya berasal dari kantong suami. Kalau uang untuk liburan berdua baru berasal dari kantong Fitri. Bunda menerapkan prinsip sama kayak Fitri?

"At least uang saya nggak saya hambur-hamburkan buat yang nggak penting. Umumnya sebagian besar perempuan mengambil pegangan itu dipakai untuk memboros-boroskan. Padahal kita Jangan boros-boros juga. Nggak bijak juga kalau beli barang yang berlebihan, ngapain," sambung Fitri.

Dia mengibaratkan, istri nggak membolehkan suami ikut mengontrol uangnya. Tapi nyatanya, istri juga memakai uang itu untuk hal yang sejatinya nggak terlalu dibutuhkan. Ya, walaupun suami udah membebaskan sih.

Kalau menurut Bunda gimana soal prinsip uang suami uang istri, uang istri ya uang istri?


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi