MOM'S LIFE

Begini Tantangan yang Dihadapi Ibu-ibu Millenial

Amelia Sewaka Rabu, 11 Apr 2018 - 19.01 WIB
Begini Tantangan yang Dihadapi Ibu-ibu Millenial/ Foto: thinkstock Begini Tantangan yang Dihadapi Ibu-ibu Millenial/ Foto: thinkstock
Jakarta - Beda zaman, maka beda pula tantangan yang dihadapi. Nah, terutama untuk para orang tua zaman sekarang, termasuk untuk seorang ibu millenial, tantangannya pasti beda dengan ibu zaman sebelumnya.

Ibu-ibu millenial hidupnya nggak jauh dari teknologi. Maklum, sekarang ini teknologi berkembang cepat banget. Ingat nggak dulu handphone pertamanya apa, Bun? 10 Tahun kemudian, handphone udah banyak banget model dan kemampuannya. Udah keren banget.

Kalau dulu media sosial didominasi Facebook, sekarang sudah ada lainnya. Ada Instagram, Path, dan lainnya. Kalau dulu kita belanja ke supermarket harus datang langsung, sekarang bisa belanja pakai aplikasi.

Sekarang informasi pun mudah banget didapat. Cuma ya itu, Bun, saking banyaknya informasi yang beredar kadang kita gampang percaya pada informasi yang dibaca, padahal nggak jelas sumbernya. Kadang informasi itu didapat karena dibagikan oleh teman melalui grup What's App atau screen shoot dan Instagram. Sumbernya? Nggak jelas. Benarkah infonya? Sering kali hoax belaka.



Nah, hal-hal seperti ini jadi tantangan bagi ibu-ibu millenial. Merry Inggriany, seorang ibu meillenial yang juga ibunda dari selebgram cilik, Baby Moonella, mengakui dirinya lebih mudah mendapatkan informasi dari media sosial. Nggak cuma dirinya, anaknya pun demikian.

Tapi ini bukan berarti Merry lantas menyerahkan kepengasuhan anaknya pada gadget, Bun. "Gadget emang udah jadi bagian hidup kita, tapi kalau aku balik lagi ke time management-nya sih. Munel emang banyak belajar dari gadget tapi aku juga beliin buku yang ada lagunya dan lainnya selain aktivitas gadget deh pokoknya," tutur Merry di tengah kampanye Mothercare 'Senangnya Jadi Ibu', di XXI Lounge, The Djakarta Theater, Thamrin Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).



Di kesempatan yang sama, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog dari Tiga Generasi menyarankan agar orang tua nggak terlena dengan gadget sehingga akhirnya anak nggak punya batasan. Apalagi orang tua zaman sekarang mudah banget kasih adak gadget demi 'yang penting anak diam', padahal itu nggak bagus.

Vera juga menjelaskan nih, Bun, apa yang dimaksud dengan ibu millenial atau Gen Y. Mereka biasanya kelahiran 80-an hingga 90-an. "Tapi kadang, beda literatur beda lagi tuh batasan usia si millenial ini," ujar Vera.



Secara umum dikatakan Vera, ibu yang merupakan generasi millenial ini berusia sekitar 24 sampai 38 tahun. "Nggak cuma usia tapi gen Y ini juga berhubungan dengan karakter. Di mana gen Y mementingkan rasa hormat, techno savvy, serta goal dan achievement oriented," ungkap Vera.

Nah, kalau buat Bunda, tatangan sebagai ibu millenial apa sih? (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi