MOM'S LIFE

Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'

Amelia Sewaka Kamis, 12 Apr 2018 - 07.08 WIB
Ini Lho Bedanya Ibu Jaman Old dan Jaman Now/ Foto: thinkstock Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/ Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika zaman berubah, nggak cuma dari segi teknologi atau lainnya aja yang berubah tapi peran dan cara mengasuh seorang ibu terhadap anaknya juga bisa lho berubah. Ya, pastinya sesuai dengan zamannya.

Memang sih peran ibu dari zaman dulu sampai zaman sekarang nggak berubah. Tapi, seiring perkembangan zaman pasti ada perubahan dalam cara mengasuh dan merawat anak-anaknya.

Hmm kira-kira apa aja sih bedanya ibu 'jaman old' dan ibu 'jaman now'? Yuk kita simak bersama, Bun.

Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/ Foto: Rachman Haryanto


1. Sumber Ilmu atau Informasi

Kebanyakan ibu 'jaman old' sumber informasinya adalah orang tua atau ibu mertuanya sendiri. Nah, ibu zaman now atau millenial dapat info dari mana aja termasuk Google atau media sosial (medsos). Demikian disampaikan psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Selain itu, suka berkomunitas adalah salah satu ciri lain dari ibu 'jaman now'. "Eh anak lo suka begini nggak sih, suka gitu juga nggak. Dalam komunitas selalu ada tuh conversation kayak gitu, jadi kalau anak gimana atau kenapa kita juga bisa dapat referensi dari cerita ibu lain," lanjut Vera.

Sedangkan kalau nanya orang tua belum tentu juga bisa kita aplikasikan sarannya. Misal, sehabis melahirkan jangan keramas 40 hari, nah bisa nggak tuh nggak keramas selama itu? He-he-he. Ya, walaupun ini kembali lagi pada nilai yang dipegang masing-masing keluarga ya, Bun.



2. Usia Punya Anak

Menurut penelitian, usia saat punya anak pada ibu 'jaman now' bisa lebih tua dari generasi sebelumnya atau gen zaman old. Misal, ibu zaman dulu usia 21 tahun udah pada punya anak tuh, sedangkan sekarang rata-rata perempuan punya anak ada di usia 26 tahun ke atas.

"Karena ibu 'jaman now' udah mulai memikirkan banyak pertimbangan sehingga keinginan untuk punya anak pun lebih matang dan usianya pun ikut mundur," papar Vera di tengah acara Mothercare 'Senangnya Jadi Ibu', di XXI Lounge, The Djakarta Theater, Thamrin Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2018).

Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/ Foto: Thinkstock


3. Pemakaian Media Sosial (Medsos)

Menurut Vera, perkembangan medsos itu ngaruh banget lho ke pola perilaku ibu. Karena sekarang apa-apa serba medsos, jadi semua kebutuhan akan informasi pun serba ada dan mudah, termasuk saluran untuk memposting sesuatu.

4. Rutinitas Ibu Bekerja

Kalau dulu namanya ibu bekerja pasti keluar pagi berakhir dengan pulang ke rumah malam. Sekarang memang sih masih ada ibu bekerja yang rutinitasnya kayak gitu. Tapi, seiring kemajuan zaman, bukan nggak mungkin ibu 'jaman now' bisa banget bekerja dari rumah. Dari mulai jualan online atau buka usaha online. Bahkan dengan memanfaatkan medsos, bukan nggak mungkin ada ibu yang jadi selebgram dan dari situlah ia mendapat penghasilan.



5. Pola Asuh yang Diterapkan

Dulu gaya pola asuh hanya ada orang tua yang otoriter, disiplin, lebih ketat dalam peraturan, tegas, dan akademik oriented. Nah, orang tua dan ibu 'jaman now' lebih terbuka dan unstructure activity.

Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/Ini Lho Bedanya Ibu 'Jaman Old' dan 'Jaman Now'/ Foto: Thinkstock


"Kalau dulu tipe pola asuhnya kebanyakan helikopter parenting alias mantau terus dari jarak dekat. Anak kenapa dikit langsung tuh ibaratnya dilempar tangga dari helikopter," tutur Vera.

Tapi kalau sekarang kebanyakan orang tua atau ibu 'jaman now' adalah tipe drone parenting. Anak hanya dipantau dari jauh dan anak dibebaskan untuk melakukan apa saja sehingga kontrolingnya pun lebih mundur. Tapi tetap ada pengawasan dan anak tetap diajarkan bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi