MOM'S LIFE

Pesan Drew Barrymore untuk Ibu Bekerja yang Sering Dinyinyiri

Radian Nyi Sukmasari 09 Mei 2018
Pesan Drew Barrymore untuk Ibu Bekerja yang Sering Dinyinyiri/ Foto: thinkstock Pesan Drew Barrymore untuk Ibu Bekerja yang Sering Dinyinyiri/ Foto: thinkstock
New York - Keputusan yang kita ambil termasuk apakah akan lanjut kerja atau jadi ibu rumah tangga setelah punya anak, bisa mengundang nyinyiran orang. Sebagai ibu bekerja, Drew Barrymore juga pernah mendapatkan nyinyiran terkait keputusannya nih.

Buat Drew, kadang meninggalkan anak ketika dirinya harus menyelesaikan pekerjaan aja udah bisa memicu kesedihan sendiri. Terlebih ketika mendengar nyinyiran orang, duh bisa bikin hati ini makin kesal dan sedih deh. Namun, Drew nggak mau ambil pusing nih sama komentar orang lain.

Di mata Drew Barrymore, memang komentar pahit orang lain soal keputusan kita bisa bikin lelah dan seperti racun. Tapi, buat orang yang nyinyir dengan keputusan kita sebagai ibu bekerja, kata Drew yang perlu diketahui adalah mereka nggak bisa mengatakan hal yang lebih buruk dari apa yang sudah dia katakan ke dirinya sendiri.

"Kalau memang mereka mau ngobrol, saya akan ngobrol. Tapi nggak akan ada orang yang lebih 'keras' dari saya bicara pada saya. Kalau kita dinyinyiri, masalahnya ada pada mereka yang nyinyir ke kita. Saya pikir begitu," kata Drew dikutip dari Today.



Jadi, buat Drew nggak ada gunanya kita menanggapi nyinyiran orang atas keputusan kita termasuk ketika lanjut bekerja walau sudah punya anak. Terlebih, kadang kala saat meninggalkan anak di rumah baik itu dengan si mbak atau anggota keluarga yang lain bisa memicu masalah sendiri. Ya, anak bisa aja kesal saat tahu bundanya bekerja.

Untuk itu, Drew Barrymore juga berbagi tips buat ibu bekerja lainnya supaya anak nggak terlalu drama ketika kita tinggal kerja. Tips dari Drew ini lebih mudah diterapkan ketika anak udah berusia sekolah nih. Beberapa waktu lalu di akun Instagram-nya, Drew bilang dirinya selalu minta putri pertamanya Olive (5) menulis tanda bintang di kalender hari itu saat bundanya berangkat kerja.

"Atas saran teman saya, saya berusaha membentuk pikiran positif pada anak saya kalau bundanya bekerja buat mereka. Sehingga, anak nggak kesal ketika ibunya berangkat kerja. Ini penting lho. Ya, saya ingin menanamkan ke anak bahwa pekerjaan yang dilakukan ibunya bukanlah hal yang menyebalkan," tutur Drew Barrymore.



Dengan begitu, anak nggak merasa pekerjaan ibunya adalah penyebab mereka terpisah dari sang bunda. Drew Barrymore sendiri merasa nggak mudah ketika harus meninggalkan anaknya selama beberapa hari untuk urusan pekerjaan. Tapi, karena keputusan jadi ibu bekerja sudah diambil Drew otomatis konsekuensi pun mesti dia terima.

Sementara itu, psikolog keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani atau Nina bilang ketika bunda memutuskan bekerja, pastinya udah ada pertimbangan sebelumnya dan konsekuensi pun sudah siap dihadapi. Sehingga, ketika ada orang nyinyir nggak perlulah, Bun, kita tanggapi.

"Yang penting kita fokus sama urusan kita dan kita udah tahu konsekuensi apa yang akan dihadapi ketika mengambil sebuah keputusan termasuk saat menjadi ibu bekerja. Jadi lebih baik hadapilah itu, nggak usah terlalu dengerin omongan orang lain," kata Nina dalam wawancara dengan detikHealth. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi