MOM'S LIFE

Bentuk Dukungan untuk Ibu yang Anaknya Kena Penyakit Serius

Radian Nyi Sukmasari 18 Jul 2018
Ilustrasi ibu yang anaknya kena penyakit serius/ Foto: thinkstock Ilustrasi ibu yang anaknya kena penyakit serius/ Foto: thinkstock
Jakarta - Perasaan orang tua mana yang nggak hancur ketika mendapati kenyataan si kecil terkena penyakit yang serius, misalnya aja leukemia seperti dialami putri penyanyi Denada, Shakira. Dalam kondisi down sudah pasti dukungan amat berarti untuk orang tua yang putrinya sedang berjuang melawan sakit serius.

Sering kali kata 'sabar ya' disampaikan ke orang tua sebagai bentuk penyemangat. Nah, apakah kata ini tepat disampaikan? Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi Marcelina Melissa yang akrab disapa Lina bilang ungkapan 'sabar ya' atau 'yang kuat ya' memang termasuk dalam budaya kita.

"Kadang orang juga mau menghibur takut salah, makanya kata-kata yang aman itu sabar aja, kuat aja. Jangan lupa, empati dengan lawan bicara paling penting. Si ibu ini dalam kondisi lagi sensitif, lagi mengalami krisis. Misal dia mau cerita kita dengerin aja dan nggak memaksa pengen tahu. Kalau kita tanya, dia jawabnya yang lain ya udah iyain aja. Ibarat bola tuh bolanya ada di si ibu dan kita ikutin alurnya aja," papar Lina waktu ngobrol sama HaiBunda.


Doa Indra L. Bruggman untuk Putri Denada, tonton videonya di sini:
[Gambas:Video 20detik]

Nah, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghibur sekaligus mendukung orang tua yang anaknya kena penyakit serius nih, Bun, seperti disampaikan Lina.

1. Beri Respons

Usahakan beri respons nggak berlebihan saat si ibu cerita tentang sang anak. Ya, ketika berempati kita pasti ikut merasa sedih. Tapi usahakan jangan bereaksi sedih berlebihan dibanding si ibu.

2. Dengarkan

Dengarkan apa yang ibu pengen ceritakan karena kadang seorang ibu terlebih ketika sang anak kena penyakit serius butuh saluran untuk mengeluarkan perasaannya. Dengan mendengarkan tanpa ada judgmental atau membanding-bandingkan, itu sudah cukup membantu si ibu kok, Bun. Ketika kita membanding-bandingkan kasus si anak dengan anak lain belum tentu juga si ibu ingin mendengarkan cerita itu.

"Atau bisa aja si ibu sekadar ingin cerita. Dengarin aja, kalau ibu minta saran atau tanya pernah nggak dengar anak lain yang sakitnya sama kayak anaknya dia, baru kita sampaikan info ke si ibu. Jadi saat ibu itu butuh saran kita berikan, selebihnya dengerin dulu," kata Lina.

3. Menyimpan Cerita si Ibu

Kalau hubungan kita dengan si ibu dekat dan dia menceritakan apa yang dialami, salah satu bentuk bantuan atau dukungan yang bisa dilakukan adalah menyimpan percakapan pribadi ini, Bun, alias nggak mengumbarnya ke pihak lain. Atau untuk memastikan, tanyakan ke si ibu apakah cerita yang dia sampaikan bisa diberi tahu ke orang lain.

"Ini secara nggak langsung beri dukungan dengan mengurangi tekanan lingkungan sekitar atau pertanyaan orang lain yang nyatanya cuma mau tanya aja," kata Lina.

4. Beri Bantuan Sederhana

Selain perlu peka dengan si ibu, sebisa mungkin luangkan waktu atau lakukan hal lain ketika ibu butuh bantuan. Bahkan, Lina bilang ketika ibu bingung memilih sesuatu yang terdengar simpel, membantunya menentukan pilihan udah bisa membantu banget lho, Bun.


Bicara si kecil yang kena penyakit serius, saat ini putri Denada, Shakira juga sedang menjalani perawatan karena leukemia yang dialaminya, Bun. Nah, live streaming curahan hati Denada telah tayang Rabu, 18 Juli 2018 pukul 11.00. Bunda dapat menonton kembali di video di bawah:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi