MOM'S LIFE

Hal Sederhana dari si Kecil yang Bikin Sandiaga Uno Bahagia

Amelia Sewaka 10 Agu 2018
Hal Sederhana dari si Kecil yang Bikin Sandiaga Uno Bahagia/ Foto: Muhammad Fida Hal Sederhana dari si Kecil yang Bikin Sandiaga Uno Bahagia/ Foto: Muhammad Fida
Jakarta - Taraf kebahagiaan seseorang beda-beda. Kadang hal sederhana bisa jadi sumber kebahagiaan seseorang. Nah, bagi wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ada hal sederhana yang bisa bikin dirinya bahagia.

Baru-baru ini Sandiaga Uno mengunggah foto dirinya tengah memeluk putra bungsunya. Kata Sandiaga, bahagia yang luar biasa adalah saat pulang kerja disambut anak. Walau seperti kita tahu, cari kerja sulit dan kita pun harus banting tulang demi memperjuangkan pekerjaan kita.

"Tapi jangan sampai kita menomor duakan anak. Kalau bukan kita yang membentuk karakter mereka dari sejak kecil, siapa lagi...," tulis Sandiaga Uno di Instagram-nya.

[Gambas:Instagram]


Ya, kebahagiaan orang tua ya berarti kebahagiaan anak juga. Sandiaga Uno merasa bahagia banget ketika pulang kerja si bungsu Sulaiman menyambut dirinya.

Sebagian besar orang tua rasanya pernah mengalami itu. Ya nggak, Bun? Setelah lelah kerja dan rasanya banyak energi yang terkuras seharian tapi begitu pulang ke rumah disambut senyum manis si kecil apalagi diberi pelukan. Wah, rasanya energi kita kembali terisi ya, Bun.

Bicara soal bahagia, psikolog Elizabeth Santosa mengatakan, mayoritas kebahagiaan orang Indonesia jawabannya adalah keluarga. Kenapa?

"Keluarga yang menjadi sumber bahagia yang utama. Dan anak, adalah sumber kebahagiaan orang tua," tutur psikolog yang akrab disapa Lizzie ini.

Mengutip hasil sebuah penelitian, Lizzie mengatakan buat kaum pria kebahagiaan anak bisa dilihat dari cara mereka atau sang ayah bermain dengan anak-anaknya. Lizzie bilang, yang berhubungan dengan observasi anak seperti anak sukanya nonton apa, makan apa, mainan apa, adalah keahlian ayah.

"Sedangkan ibu, lebih ke emosionalitasnya. Ibu itu lebih ke bagaimana meluk anak, bagaimana dia tersenyum dan buat anak happy. Yang kayak gitu, ibu itu atribusinya lebih ke emosi. Meskipun ayah juga punya kontribusi bagi kondisi emosional anak, ibulah yang lebih dominan untuk hal tersebut," papar Lizzie.

"Bahagia versi ayah itu lebih ke misalnya, lihat anak sukses, anaknya ngerti sesuatu, anaknya punya hobi atau mainan kesukaan yang sama dengan ayahnya. Lebih ke aktivitas bersama. Kalau ibu, lebih ke cuddling, kata-kata sayang ya afeksi banget deh ibu tuh," tambah Lizzie.

Untuk Bunda dan Ayah, hal sederhana apa sih yang bisa bikin bahagia? Samakah seperti Sandiaga Uno yang bahagia bukan main ketika pulang kerja langsung disambut si kecil?
(aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi