MOM'S LIFE

10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan, Bunda Perlu Coba

dr Priscilla Johanna Sabtu, 22 Sep 2018 - 17.53 WIB
10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan/ Foto: Thinkstock 10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi bunda yang baru melahirkan, pasti punya keinginan besar untuk menurunkan berat badan. Daripada memilih cara yang berbahaya dan dapat memengaruhi produksi ASI lebih baik coba deh mengonsumsi ragam buah yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Pada dasarnya buah kaya akan mineral dan serat. Selain itu, kandungan air pada buah bisa mencegah dehidrasi, memperbaiki sel dan jaringan kulit, serta membantu menurunkan berat badan. Nah, Bunda, berikut ini 10 jenis buah yang memiliki kandungan air tinggi serta layak sekali dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Raspberry
Buah yang kaya akan vitamin K ini berguna untuk mencegah pendarahan, menjaga berat badan, dan mengontrol gula darah. Jadi, jangan segan-segan untuk memasukkan raspberry ke dalam daftar makanan sehari-hari ya.

2. Timun
Di balik bentuknya yang panjang dan berwarna hijau, timun adalah buah yang mengandung kadar air paling tinggi. Timun dapat digunakan untuk lalapan, campuran dalam jus, atau masker. Kabar baiknya, produksi timun di Indonesia sangat melimpah, sehingga Bunda bisa mudah mendapatkan buah ini dengan harga yang terjangkau pastinya.

10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan/ Foto: Ari Saputra
3. Stroberi
Walaupun memiliki rasa cenderung masam, buah kecil berwarna merah ini memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan vitamin C pada buah stroberi sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, mengobati sariawan, hingga menjaga kadar gula darah.

4. Belimbing
Karena kandungan airnya yang tinggi, buah berbentuk bintang ini sangat cocok dikonsumsi oleh Bunda yang sedang menjalani program diet. Buah yang kaya akan antioksidan ini juga memiliki manfaat lain untuk tubuh seperti melancarkan pencernaan dan mengatasi tekanan darah tinggi.

5. Semangka

10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan/ Foto: Istock

Seperti belimbing, semangka seringkali disarankan bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Terdapat berbagai cara untuk mengonsumsi semangka seperti dimakan langsung, diblender, atau ditaburi sejumput garam untuk mendapatkan sensasi menyegarkan.

6. Pepaya
Buah pepaya yang mendapat julukan 'buah rakyat' ini memiliki kandungan air setara dengan semangka. Dijuluki buah rakyat karena harganya yang murah sehingga mudah dijumpai di mana saja. Serat pada buah pepaya sangat baik untuk pencernaan lho, Bun.

7. Melon

10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan /Foto: iStock
Siapa yang tidak suka melon? Selain kandungan airnya yang tinggi, buah yang cocok dihidangkan dengan berbagai cara ini juga memiliki segudang manfaat seperti membantu menurunkan berat badan, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, serta menangkal radikal bebas.

8. Nanas
Buah berisisik yang banyak dicari meskipun rasanya agak masam ini dapat memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan tulang, dan meredakan peradangan. Sebaiknya jangan mengonsumsi nanas berlebihan karena dapat berpengaruh pada sistem pencernaan.

9. Persik
Buah lezat yang memiliki kandungan air tinggi ini, sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat melelembapkan kulit, menyehatkan kulit kepala, menangkal radikal bebas, serta membersihkan ginjal dan kantong kemih.

10. Jeruk

10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan10 Buah yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan/ Foto: Istimewa

Jeruk termasuk jenis buah yang paling mudah ditemui. Bunda tentu sudah tahu manfaat mengonsumsi jeruk seperti untuk meredakan sariawan, menurunkan risiko stroke, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Nah, gimana, Bun? Jangan lupa masukkan beberapa di antara sepuluh buah di atas ya dalam menu sehari-hari untuk membantu mensukseskan program penurunan berat badan Bunda. Semangat!

*dr Priscilla Johanna saat ini bergabung dengan go-dok (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi