MOM'S LIFE

7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Bunda Siapkan

dr Priscilla Johanna Minggu, 30 Sep 2018 - 09.02 WIB
Perlengkapan bayi baru lahir/Foto: go dok Perlengkapan bayi baru lahir/Foto: go dok
Jakarta - Kehamilan menjadi salah satu kabar yang menggembirakan bagi pasangan suami istri yang tengah mendamba hadirnya buah hati. Selain kesehatan ibu dan calon bayi, ada hal lagi yang harus Bunda persiapkan lho yaitu perlengkapan bayi baru lahir.

Biasanya, orang tua harus segera mempersiapkan perlengkapan bayi ini setelah kehamilan menginjak usia 6-7 bulan. Lalu, apa saja perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan menjelang lahirnya si kecil? Yuk, simak daftarnya, Bun.

1. Seprai
Alasi tempat tidur bayi dengan kasur matras yang tahan air dan seprei di atasnya. Apapun pilihannya, tentunya tempat tidur bayi akan membutuhkan satu bantalan kasur berlapis dan selimut lembut.

2. Tempat Tidur Bayi
Memilih tempat tidur bayi menjadi hal penting. Bunda bisa memilih tempat tidur bayi dengan ukuran kecil atau besar. Kebanyakan tempat tidur bayi tidak dijual dengan kasurnya, Bun.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlengkapan Bayi Baru Lahir/ Foto: iStock
3. Popok dan Perlengkapannya
Biasanya untuk bayi yang baru lahir popok yang digunakan berbahan kain. Bayi baru lahir biasanya membutuhkan 70 hingga 90 popok untuk ganti popok per minggunya. Selain itu, Bunda juga akan memerlukan bantalan untuk bayi berbaring saat sedang mengganti popok. Hal yang diperlukan lainnya adalah pelembap popok bebas alkohol, salep ruam popok atau krim serta bahan pencuci popok yang lembut.

4. Perlengkapan Mandi
Hal pertama yang dibutuhkan untuk perlengkapan mandi bayi baru lahir adalah bak mandi bayi. Selain itu, peralatan mandi yang perlu disiapkan yakni beberapa handuk mandi, lap mandi, sabun dan sampo bayi yang tidak pedih di mata, sikat, sisir, dan gunting kuku.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlengkapan Bayi Baru Lahir/ Foto: iStock
5. Pakaian
Pakaian untuk bayi baru lahir biasanya berbentuk baju terusan atau onesies. Selain itu, bayi juga akan memerlukan baju tidur, sweater atau jaket, baju formal seperti gaun dan rompi, topi dan kaos kaki. Jangan lupa ya, Bunda, siapkan masing-masing jenis pakaian sesuai kebutuhan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlengkapan Bayi Baru Lahir/ Foto: iStock
6. Car Seat
Untuk keamanan bayi ketika diajak berkendara, dibutuhkan car seat yang menghadap ke belakang. Bunda perlu tahu, beberapa model car seat bayi merupakan kursi dari kereta dorong bayi atau stroller.

7. Perlengkapan Menyusui
Bayi cenderung sering bersendawa sehabis menyusu. Sediakan selalu kain kecil untuk membersihkan bila ada sisa susu atau gumoh. Selain itu, Bunda juga akan membutuhkan botol susu serta alat pompa untuk memompa ASI jika diperlukan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlengkapan Bayi Baru Lahir Foto: Thinkstock
Untuk membersihkan botol, diperlukan juga sikat botol dan cairan pencuci yang aman. Selain itu, Bunda juga bisa mempelajari tips cara menyimpan ASI yang baik dan tepat agar tetap bagus dikonsumsi oleh si buah hati.

Bagi Bunda yang sedang menanti lahirnya si kecil, sudah membeli semua perlengkapan di atas?

*dr Priscilla Johanna saat ini bergabung dengan go dok (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi