MOM'S LIFE

5 Tips dari Najwa Shihab agar Bunda dan Ayah Suka Baca Buku

SIti Hafadzoh 09 Okt 2018
Tips Najwa Shihab agar suka baca buku/ Foto: Amelia Sewaka Tips Najwa Shihab agar suka baca buku/ Foto: Amelia Sewaka
Jakarta - Orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Jika Bunda ingin anak suka membaca buku, Bunda dan Ayah juga harus mencontohkan suka membaca. Setuju ya?

Kalau orang tua hanya menyuruh anak tanpa memberi contoh, sulit banget bagi anak melakukan itu. Nah, Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengatakan bahwa tidak ada orang yang suka membaca sejak lahir. Tidak ada orang yang suka membaca 'dari sananya'. Semua perlu usaha untuk menumbuhkan kecintaan pada buku.

"Membaca adalah sesuatu yang harus diusahakan. Membaca adalah upaya menemukan makna. Membaca itu menarik kesimpulan dan melatih berpikir," jelas wanita yang akrab disapa Nana itu.

Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah tentunya harus berupaya menumbuhkan kecintaan buku dalam diri lebih dulu sebelum menyuruh anak suka membaca buku. Nah, Bun, ini dia lima tips yang diberikan Najwa agar Bunda dan Ayah suka membaca buku.

1. Matikan Notifikasi Gadget

Saat ini, fokus kita sangat mudah terganggu terutama oleh gadget. Sedang asyik membaca buku tiba-tiba notifikasi gadget berbunyi, sudah pasti konsentrasi baca buku teralihkan untuk mengecek gadget. Maka dari itu, Najwa Shihab bilang cara paling mudah adalah dengan menyingkirkan dulu gadget ketika sedang membaca buku.



2. Jadikan Membaca Sebagai Rutinitas

Membaca juga butuh konsistensi lho, Bun. Suka membaca berarti Bunda membaca buku setiap hari, minimal selama 30 menit. Kalau nggak sanggup membaca selama 30 menit sekaligus, boleh kok dicicil. Asalkan tetap membaca buku setiap hari.

Tips membaca buku dari Najwa ShihabTips membaca buku dari Najwa Shihab /Foto: iStock
3. Baca Apa Saja

"Nggak harus membaca buku yang berat-berat seperti ensiklopedia kok. Kita bisa memulainya dengan membaca buku yang disukai. Misalnya tabloid atau novel sebagai permulaan. Kalau nggak suka suatu buku, nggak perlu dipaksa karena nanti tidak akan selesai membacanya," tutur Najwa Shihab.

4. Cari Teman

Coba kumpulkan teman-teman yang membaca buku dengan judul atau tema sama. Sehingga Bunda bisa berdiskusi dengan mereka tentang isi buku tersebut. Dengan begitu, Bunda jadi lebih bersemangat nih membaca bukunya.

5. Buku yang Difilmkan

Kalau Bunda adalah tipe orang yang suka menonton film, lakukan cara ini ya. Sekarang ini sedang banyak film yang diadaptasi dari buku. Sebelum menonton filmnya, coba baca dulu bukunya, Bun. Jadi ketika menonton, Bunda punya perbandingan antara film dengan bukunya.

Perlu diingat, suka membaca bukanlah hal yang instan. Perlu proses dan waktu untuk mewujudkannya. Jadi, Bunda harus melatih diri agar terbiasa membaca buku karena membaca juga membutuhkan daya tahan.

"Membaca buku membutuhkan daya tahan. Semakin sering kita latih, daya tahan akan semakin meningkat," ujar Najwa Shihab.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi