MOM'S LIFE

Saking Sibuknya, Seorang Ibu Hanya Punya Me Time 32 Menit

Melly Febrida Senin, 29 Okt 2018 - 09.30 WIB
Ilustrasi bunda me time/ Foto: thinkstock Ilustrasi bunda me time/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda sering ngomong sendiri alias ngedumel atau ngomel-ngomel sampai dicap galak sama anak-anak? Itu semua bisa saja 'efek samping' dari kurang istirahat, Bun. Kayaknya Bunda butuh me tim deh.

Ada survei yang menemukan, orang tua hanya bisa punya waktu untuk diri sendiri alias me time selama 32 menit. Dan seringnya harus mencuri-curi waktu di sela istirahat bersama anak-anak, hmm...

Survei tersebut mengamati kehidupan sehari-hari 2.000 orang tua. Hasilnya, orang tua punya waktu nggak lebih dari 30 menit untuk me time setiap hari setelah bekerja dan melakukan tugas pengasuhan. Karena sulit mendapat ruang untuk diri sendiri tersebut, orang tua rata-rata mengakui mereka bersembunyi dari anaknya empat kali seminggu, Bun.



Menurut New York Post, 32 persen orang tua sulit berhenti beraktivitas termasuk melakukan tugas oengasuhan setidaknya sampai pukul 20.00. Apalagi buat para bunda. Saking sibuknya merawat anak, kadang nggak punya waktu untuk melakukan hal seperti olahraga, belanja dan memasak makanan sehat.

Ilustrasi bunda me timeIlustrasi bunda me time/ Foto: dok. Thinkstock
Survei yang dilakukan jasa pengantaran makanan, Munchery, menemukan memang sulit bagi orang tua mendapat waktu luang yang benar-benar berkualitas. Sekitar 24 persen orang tua yang sibuk bisa menghabiskan lebih dari 30 jam setiap minggunya untuk mengurus anak, belum ditambah tugas lain. Nah, kesibukan yang padat nggak jarang juga bikin orang tua kurang memperhatikan asupan makanannya.

Sebanyak 88 persen orang tua mengaku terlalu sibuk sehingga nggak punya waktu untuk memasak. Sedangkan, 96 persen mengaku tidak punya waktu cukup untuk memasak. Alhasil, para orang tua memanjakan diri sendiri dengan makanan yang cenderung kurang sehat.

"Keluarga harus mendapat asupan makanan yang baik, tidak peduli seberapa sibuknya mereka. Orang tua juga perlu mendapat me time, tak peduli seberapa sibuknya mereka," ujar James Beriker, CEO Munchery,

Nah, kalau Bunda tetap ingin menjaga keluarga tetap makan sehat sekaligus diri ini bisa me time lebih dari 32 menit, situs Kidspot berbagi triknya, Bun, yaitu:

1. Rencanakan makanan mingguan sebelumnya
2. Berbagi tugas dengan suami soal belanja bahan makanan atau menyiapkan makanan
3. Pertimbangkan ada makanan ringan dalam persiapan makanan mingguan
4. Jadwalkan waktu tenang dengan pasangan secara bergiliran. Bahkan cuma satu jam me time itu sudah membantu banget lho.
5. Beristirahat satu malam dalam seminggu.
6. Buatlah makanan yang mudah.

Nah, kalau Bunda biasanya menerapkan trik apa supaya bisa me time?

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi